logo
MotoGP | Detail

Fabio Quartararo Nilai Format Sprint Race Pengaruhi Persiapan Balapan

Fitradian Dhimas Kurniawan
Selasa, 17 Januari 2023, 15:44 WIB
Fabio Quartararo Nilai Format Sprint Race Pengaruhi Persiapan Balapan
Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli berpose di atas Yamaha YZR M-1 pada peluncuran tim Monster Energy Yamaha di Jakarta, Selasa (17/1/2023) pagi WIB (Foto: MPI/Muhamad Fadli Ramadan)

JAKARTA - Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo angkat bicara terkait dengan format baru MotoGP yang akan menggelar sprint race. Ia menilai banyak yang harus berubah pada format baru Sprint Race pada MotoGP 2023. Terutama dalam hal mencari setelan terbaik.

Seperti diketahui, dengan format baru yakni Sprint Race pada MotoGP 2023 artinya para pembalap akan melewati total 42 balapan. Pada fase terakhir musim 2023, delapan akhir pekan GP dalam sepuluh pekan sedang dalam program.

Dengan format baru itu, para pembalap harus menyelesaikan 16 balapan dalam sepuluh pekan. Menanggapi format tersebut, El Diablo -julukan Fabio Quartararo- menilai persiapan pada tiap akhir pekan pun berubah

Karena biasanya pembalap mulai mencari setelan untuk balapan pada sesi latihan bebas keempat (FP4) di hari Sabtu. Tetapi, sekarang sesi tersebut menghilang dan bakal digunakan untuk Sprint Race.

“Format ini akan mengubah banyak hal. Terutama untuk balapan hari Minggu. Karena biasanya kami menjalani sesi latihan keempat pada Sabtu siang, yang mana kami menggunakannya untuk persiapan balapan hari Minggu,” kata Quartararo kepada media.

Keadaan tersebut pun membuat para pembalap memiliki waktu terbatas untuk mempersiapkan motor. Quartararo pun harus memikirkan setelan motor untuk balapan, sembari bersiap menjalani kualifikasi di hari Jumat.

“Sekarang, kami justru akan langsung balapan. Hal itu membuat mempersiapkan diri untuk balapan yang sesungguhnya di hari Minggu begitu sulit. Kami harus kualifikasi di hari Jumat, tetapi juga harus memikirkan balapannya. Akhir pekan bakal berlangsung intens, tetapi itu sudah menjadi pekerjaan kami untuk tampil sebaik mungkin,” ujarnya.

Editor : Hadi Febriansyah

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1780 seconds [12]