MotoGP | Detail

Fabio Quartararo dan Johan Zarco Berpeluang Catat Sejarah di MotoGP Prancis 2022

Quadiliba Al-Farabi
Rabu, 11 Mei 2022, 20:32 WIB
Fabio Quartararo dan Johan Zarco Berpeluang Catat Sejarah di MotoGP Prancis 2022
Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) menyemprotkan sampanye di podium Sirkuit Internasional Algarve usai memenangi MotoGP Portugal 2022 (Foto: Reuters/Pedro Nunes)

LE MANS – MotoGP 2022 akan menggelar balapan seri ketujuh yakni GP Prancis. Balapan tersebut akan berlangsung di Sirkuit Bugatti, Le Mans pada 15 Mei 2022 mendatang. 

Dua pembalap tuan rumah yakni Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Johann Zarco (Pramaac Ducati) berpeluang untuk mencetak sejarah.

Berdasarkan catatan dari laman Paddock GP, sejak sirkuit Bugatti menjadi tuan rumah GP pertama pada 1969, belum ada satupun pembalap lokal yang juara di kelas utama. Banyak harapan yang mengarah ke Quartararo dan Zarco.

Adapun catatan terbaik bagi pembalap tuan rumah adalah juara di kelas bawah. Misalnya, pembalap Yamaha Jean Auréal yang juara di kelas 125cc.

Setelahnya, Sirkuit Bugatti berganti-ganti selama bertahun-tahun dengan sirkuit lain. Lalu baru pada 1979 yang mana GP Dunia ke-4 di sirkuit ini, Guy Martin mengulangi kesuksesan di kelas 125cc. Disusul Patrick Fernandez dari Yamaha di 350cc.

Raihan juara kembali terulang pada 2008, tapi lagi-lagi di kelas 125cc. Adalah Mike Di Meglio , yang memenangkan kejuaraan pertamanya musim itu. Kemudian, disambung di kelas Moto3 oleh Louis Rossi.

Sirkuit ini bagaikan kutukan bagi pembalap lokal termasuk Zarco dan Quartararo yang sempat menjajalnya juga. Johann Zarco tidak berhasil menang bahkan dalam dua tahun kejayaan di Moto2, berada di urutan ke-3 pada 2015, dan tahun berikutnya dia terjatuh.

Capaian terbaik mereka adalah di 2021 kemarin yang mana mencapai podium 2-3. Mereka masih berada di belakang pembalap Ducati Lenovo Jack Miller.

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1407 seconds [13]