Tim Nasional | Detail

Evolusi Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong, Percaya Pemain Lokal Ketimbang Naturalisasi

Hadi Febriansyah
Kamis, 14 Oktober 2021, 18:18 WIB
Evolusi Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong, Percaya Pemain Lokal Ketimbang Naturalisasi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (PSSI)

PELATIH Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan perubahan yang signifikan untuk Timnas Indonesia. Sepanjang Shin Tae-yong melatih sejak tahun 2019 lalu, pelatih asal Korea Selatan ini berhasil mengorbitkan pemain muda untuk masuk ke Timnas Indonesia.

Ketika dirinya, menangani Timnas Indonesia U-19, banyak sekali muka-muka baru yang diberikan kesempatan olehnya. Salah satu yang paling terlihat adalah Pratama Arhan Alif, Irfan Jauhari, Alfriyanto Nico, dan terakhir ada nama Ramai Rumakiek.

Setelah tidak lagi bermain untuk Timnas Indonesia U-19, pemain-pemain ini menjadi bagian penting untuk klubnya masing-masing. Arhan di PSIS Semarang, Nico di Persija Jakarta, dan Irfan Jauhari di Persis Solo.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (PSSI)

Tidak hanya di kelompok umur saja, Shin Tae-yong juga melakukan hal tersebut di senior. Salah satu yang menjadi kejutan adalah ketika Kushedya Hari Yudo dan Asep Berlian dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Hal ini memang cukup mengejutkan, sebelum-sebelumnya Kushedya belum pernah dipanggil oleh Timnas Indonesia. Namun ketika era Shin Tae-yong pemain berusia 28 tahun ini bersinar dan mampu menjadi andalan di lini depan Timnas Indonesia. Padahal ada nama-nama beken untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Dari sini, Shin Tae-yong memang ingin memberikan kepercayaan penuh kepada para pemain lokal Indonesia untuk bisa membela Timnas Indonesia. Hal ini juga yang ia lakukan ketika menangani Timnas Korea Selatan.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2432 seconds [13]