logo
Liga Inggris | Detail

Erik Ten Hag Dikritik, Kutukan Cristiano Ronaldo Berlanjut?

Basudiwa Supraja
Senin, 14 November 2022, 19:45 WIB
Erik Ten Hag Dikritik, Kutukan Cristiano Ronaldo Berlanjut?
Pelatih Erik ten Hag marah besar melihat pemain banyak kasih umpan silang asal-asalan ke Cristiano Ronaldo di laga Aston Villa vs Manchester United (FOTO: REUTERS)

MANCHESTER - Cristiano Ronaldo bikin geger dengan pernyataannya tentang Manchester United, klub yang dibelanya saat ini. Dalam sebuah wawancara eksklusif bersama presenter ternama Inggris Piers Morgan, Minggu (13/11/2022), Ronaldo mengeluarkan semua keluh kesahnya yang dirasakan saat ini terkhusus tentang pelatih Man United Erik Ten Hag.

Sosok Erik Ten Hag, menjadi salah satu pembahasa utama dalam wawancara Ronaldo. Ronaldo mengaku tidak pernah menghormati pelatih asal Belanda itu. Sebab, Ten Hag juga disebut tidak pernah menunjukkan rasa hormat kepadanya.

"Saya tidak menghormatinya karena dia tidak menunjukan rasa hormat kepada saya," ujar Ronaldo dikutip dari The Sun, Senin (14/11/2022).

Pernyataan itu lantas mengundang berbagai respons. Namun ada hal yang tidak luput dari pembahasan adalah terkait 'kutukan' Ronaldo. Peraih lima kali penghargaan Ballon d'Or itu mungkin kerap kali membawa 'kutukan' terhadap pelatih yang menanganinya. 

Hal itu belakangan telah terjadi dalam lima musim terakhir. Sebelum resmi kembali berseragam Man United, Ronaldo sempat bermain bersama Juventus dan Real Madrid. Tercatat sudah ada lima pelatih yang dipecat selama Ronaldo bermain di klub tersebut dalam lima musim terakhir.

Berawal dari Zinedine Zidane yang tiba-tiba memutuskan mundur sebagai pelatih Real Madrid setelah berhasil membawa trofi Liga Champions 2017-2018. Usut punya usut, Zidane memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan Presiden Madrid, Florentino Perez.

Kepindahan Ronaldo ke Juventus pada 2018 seakan memberi petaka baru. Si Nyonya Tua telah berpisah dengan tiga pelatih mereka dalam tiga musim beruntun.

Massimiliano Allegri mundur dari jabatannya sebagai pelatih usai membawa Juventus meraih scudetto musim 2018-2019. Beredar desas-desus pula Ronaldo tidak suka dengan permainan yang diterapkan Allegri.

Maurizio Sarri menjadi korban selanjutnya. Keberhasilannya membawa Juventus Scudetto musim 2019/2020 tidak bisa mengobati dosanya di Liga Champions saat itu.

Kemudian ada Andrea Pirlo yang juga bernasib serupa. Dia dipecat karena gagal membawa Si Nyonya Tua meraih gelar scudetto 2020-2021. Terbaru, Ole Gunnar Solskjaer dilepas Man United beberapa bulan setelah Ronaldo bergabung.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1895 seconds [12]