logo
Bola Lainnya | Detail

Empat Orang Tewas dan Puluhan Luka-luka Jelang Laga Final Piala Teluk Arab 2023

Rifqi Herjoko
Jum'at, 20 Januari 2023, 11:49 WIB
Empat Orang Tewas dan Puluhan Luka-luka Jelang Laga Final Piala Teluk Arab 2023
Kerusuhan di Piala Teluk Arab 2023 (Foto: Aljazeera.com)

BASRA – Kerusuhan kembali terjadi di dunia sepak bola. Sejumlah korban berjatuhan karena kekacauan jelang laga final Piala Teluk Arab 2023 antara Irak dan Oman bergulir.

Sebagai informasi, laga final Piala Teluk Arab 2023 antara Irak vs Oman digelar di Basra Sport City Stadium, Basra, Kamis (19/1/2023) malam WIB. Laga tersebut menarik minat besar publik untuk datang langsung ke stadion untuk menyaksikan timnya berlaga.

Animo publik yang besar untuk menyaksikan laga tersebut menghasilkan kekacauan di area stadion. Ribuan penggemar tanpa tiket telah berkumpul di venue pertandingan sejak pagi hari demi bisa menyaksikan laga final tersebut.

Dilansir dari Al-Jazeera, Jumat (20/1/2023), banyak orang tanpa tiket mencoba masuk ke stadion. Adapun lautan manusia sudah berada di luar stadion jelang laga tersebut bergulir.

Situasi yang kacau itu mengakibatkan sekitar empat orang meninggal dunia dan sekitar 80 orang terluka. Beberapa orang dilaporkan terjatuh dan terinjak-injak saat berada di dalam kerumunan.

Kementerian Dalam Negeri Irak sempat memberikan imbauan agar suporter tidak bertiket untuk meninggalkan area di sekitar stadion. Untuk meredam kekacauan para penggemar, pihak berwenang  memasang layar besar di zona penggemar. Dengan demikian, para suporter yang kehabisan tiket dapat tetap menyaksikan laga final tersebut dan merasakan euforianya bersama suporter lain.

“Jumlah suporter sangat banyak (di area stadion). Kami tidak ingin ada kasus mati lemas karena kekurangan oksigen,” bunyi pernyataan dari Kementerian tersebut.

Pada akhirnya, pertandingan final tersebut tetap dilanjutkan. Irak menang tipis 3-2 atas Oman. Irak pun keluar sebagai juara Piala Teluk Arab 2023. Adapun kekacauan yang terjadi jelang laga diharapkan bisa menjadi bahan evaluasi agar hal serupa tidak kembali terjadi.
 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1909 seconds [12]