Ragam Lainnya | Detail

Emilia Nova Ditunjuk sebagai Pembawa Bendera Indonesia di Upacara Pembukaan SEA Games 2021

Fitradian Dhimas Kurniawan
Rabu, 11 Mei 2022, 17:35 WIB
Emilia Nova Ditunjuk sebagai Pembawa Bendera Indonesia di Upacara Pembukaan SEA Games 2021
Emilia Nova ditunjuk sebagai pembawa bendera Indonesia di Upacara Pembukaan SEA Games 2021 (Foto: Instagram/@emilianovanv)

HANOI - Emilia Nova ditunjuk sebagai pembawa bendera Indonesia pada Upacara Pembukaan SEA Games 2021, Kamis (12/5/2022) malam WIB. Pemilihan Nova sendiri menunjukkan bukti kesetaraan kaum perempuan di olahraga Indonesia. 

Gelaran SEA Games 2021 sendiri sebenarnya sudah berlangsung sejak Jumat (6/5/2022). Sejumlah medali juga telah diperebutkan oleh beberapa negara. Namun, Upacara Pembukaan SEA Games 2021 baru akan dilangsungkan Kamis (12/5/2022) malam WIB, di Stadion My Dinh, Hanoi. 

Seperti biasa, upacara pembukaan akan dimulai dengan parade para peserta dari 11 negara ASEAN. Setiap defile negara kemudian dipimpin oleh seorang pembawa bendera.

Untuk kontingen Indonesia, tugas tersebut akan dipercayakan kepada Emilia Nova. Atlet cabor atletik nomor lari gawang itu dipilih bukan tanpa alasan. 

Emilia Nova merupakan atlet berprestasi di cabang atletik nomor lari gawang (Foto: NOC Indonesia)
Emilia Nova merupakan atlet berprestasi di cabang atletik nomor lari gawang (Foto: NOC Indonesia)

Emilia merupakan atlet berprestasi di atletik. Dia merupakan peraih medali perak SEA Games 2017 Kuala Lumpur, medali perak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, dan medali emas 2019 SEA Games Filipina.

Pemilihan Emilia sendiri menjadi bukti kesetaraan kaum perempuan di olahraga Indonesia. Emilia dijadwalkan bertanding pada Senin (16/5/2022) di nomor 100 meter (m) lari gawang putri. 

Panitia penyelenggara SEA Games Vietnam (VIESGOC) sudah merilis aturan parade defile. Setiap negara dibatasi hanya boleh membawa 31 partisipan, terdiri dari CdM, pembawa bendera, atlet, pelatih, dan ofisial.

Sebelum Emilia, kontingen Indonesia juga pernah memilih atlet putri Maria Natalia Londa sebagai pembawa bendera di Asian Games 2014 Incheon. Emilia sendiri akan resmi menjadi atlet putri pertama yang membawa bendera kontingen Indonesia di SEA Games. 

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1427 seconds [13]