Tim Nasional | Detail

Eks Bek Espanyol Jordi Amat Ingin Main untuk Timnas Indonesia

Basudiwa Supraja
Sabtu, 23 Oktober 2021, 07:30 WIB
Eks Bek Espanyol Jordi Amat Ingin Main untuk Timnas Indonesia
Jordi Amat ingin membela Timnas Indonesia (Foto: Instagram/@jordiamat5)

BARCELONA - Mantan Bek Espanyol, Jordi Amat, mengaku siap membela Timnas Indonesia. Pemain berusia 29 tahun itu ternyata memiliki darah Indonesia dari garis neneknya. 

Nama Jordi sebetulnya tak begitu asing. Dia sempat membela sejumlah klub seperti Espanyol dan Swansea City di Liga Inggris. Pemain kelahiran Barcelona itu juga pernah membela Timnas Spanyol U-21.

Walau lahir di Barcelona, Jordi ternyata punya darah Indonesia. Dia mengaku neneknya lahir di Makassar, Sulawesi Selatan. Bahkan, kakek moyangnya lahir dan besar di Banda Neira, Maluku. 

"Nenek saya dilahirkan di Makassar, Sulawesi dan merupakan sosok penting yang mendukung saya dalam karier sepakbola selama ini," ujar Jordi, dikutip dari Goal Indonesia, Sabtu (23/10/2021). 

"Ibu dari nenek saya berasal dari Siau, dan ayahnya, yang tak lain moyang saya, adalah M.D. Kansil berasal dari Banda Neira, Maluku,” imbuhnya. 

Jordi Amat malang melintang di sepak bola Eropa (Foto: Instagram/@jordiamat5)
Jordi Amat malang melintang di sepak bola Eropa (Foto: Instagram/@jordiamat5)

“Semenjak kecil, nenek saya sering menceritakan kepada saya tentang moyang saya yang merupakan Raja Siau yang ke-17, dan kisah-kisah tersebut telah membangunkan lagi naluri ingin tahu saya tentang Indonesia,” lanjut Jordi. 

"Saya dan keluarga masih menjaga hubungan dengan keluarga nenek saya di Indonesia, walaupun saya sendiri belum mempunyai kesempatan seperti nenek untuk mengunjungi mereka di sana," terang Jordi. 

Karena pertalian itulah, Jordi Amat membuka peluang untuk dipanggil Timnas Indonesia. Dia mengaku ingin membawa pengalaman merumput selama 12 tahun di Eropa ke Asia sekaligus berbakti untuk Indonesia. 

“Saya telah bermain sepakbola profesional selama 12 tahun di Eropa, dan saya ingin membawa pengalaman tersebut ke Asia, dengan memberikan apa yang saya punya dan bakti saya kepada Indonesia," tegas Jordi Amat. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1484 seconds [12]