Tim Nasional | Detail

Efek Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Jadi Role Model di Asia Tenggara

Hendry Kurniawan
Selasa, 04 Januari 2022, 15:07 WIB
Efek Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Jadi Role Model di Asia Tenggara
Skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 (Foto: AFF)

MESKI gagal menjadi juara Piala AFF 2020, Timnas Indonesia mendapat banyak pujian dari banyak pihak, termasuk media internasional. Pasalnya, Skuad Garuda mampu menampilkan performa yang energik dan ciamik dengan bermaterikan banyak pemain muda.

Hal ini tentunya tak lepas dari sentuhan tangan dingin Shin Tae-yong sebagai pelatih. Dalam waktu yang relatif singkat, juru taktik asal Korea Selatan itu mampu menyulap Timnas Indonesia menjadi skuad yang kompetitif dan siap bertarung di level tertinggi.

Sejumlah peningkatan pun sangat dirasa sejak Shin Tae-yong menukangi tim. Tidak hanya peningkatan dari segi fisik, namun para pemain juga punya mentalitas serta kontrol emosi yang lebih baik.

Secara hasil, apa yang dikerjakan oleh Shin Tae-yong pun tak bisa dibilang mengecewakan, mengingat Skuad Garuda mampu menjadi runner-up walau pada awalnya tidak diunggulkan. Pada akhirnya, Timnas Indonesia menjadi role model bagi negara-negara lain di Asia Tenggara. 

Berikut adalah tiga negara Asia Tenggara yang diminta meniru Timnas Indonesia:

1. Malaysia

Timnas Malaysia mengalami kegagalan di Piala AFF 2020 lantaran gugur di fase grup. Ironisnya, kegagalan Harimau Malaya tersebut dipastikan setelah kalah telak dengan skor 1-4 dari Timnas Indonesia pada matchday terakhir Grup B.

Kekalahan memalukan itu sontak membuat banyak suporter Timnas Malaysia geram. Mereka menuntut Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk menggunakan jasa pelatih asing sebagaimana Indonesia.

Di ajang Piala AFF 2020, tercatat hanya Malaysia yang menggunakan pelatih lokal, yakni Tan Cheng Hoe. Sayangnya, Cheng Hoe gagal memenuhi ekspektasi fans. Padahal, Malaysia merupakan finalis Piala AFF 2018.

Sebelum bertanding di Piala AFF 2020 ini, Malaysia sebenarnya dua kali mengalahkan Indonesia, yakni di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Ketika itu Harimau Malaya menang 2-0 dan 2-3 atas Indonesia.

Maka dari itu, kekalahan telak dari Indonesia di Piala AFF 2020 menunjukkan bahwa Skuad Garuda kini sudah mengalami peningkatan dibanding Malaysia. Cheng Hoe sendiri pada akhirnya memutuskan mundur sebagai pelatih Timnas Malaysia usai Piala AFF 2020.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1191 seconds [12]