Sportainment | Detail

Efek Mohamed Salah, Jemaah Masjid Bertambah hingga Kejahatan Turun

Andika Pratama
Kamis, 16 September 2021, 11:15 WIB
Efek Mohamed Salah, Jemaah Masjid Bertambah hingga Kejahatan Turun
Winger Liverpool Mohamed Salah. (Foto: REUTERS)

KEBERADAAN Mohamed Salah di Liverpool bukan hanya memberi warna baru dalam sepak bola Inggris. Kehadirannya juga meningkatkan citra positif Islam di negeri Ratu Elizabeth II itu. 

Pesona Salah membuat Islam semakin popular di Inggris. Terbukti, jumlah jemaah Masjid Syekh Abdullah Quilliam di Liverpool, bertambah pesat. Peningkatan itu diungkap juru bicara Masjid Syekh Abdullah Quilliam, Abdul Hamid, dalam video dokumenter Channel 4.

"Lebih banyak pemuda yang mengunjungi masjid dan menjalankan salat Jumat sejak kehadiran Mohamed Salah," ujar Abdul Hamid, dilansir dari Mirror beberapa waktu lalu.

Direktur Masjid, Galib Khan, juga mempertegas efek Salah di kota pelabuhan tersebut. Dia menyebut, keberadaan bintang asal Mesir itu mengubah pandangan orang-orang terhadap Islam.

“Pesona Salah membawa keceriaan dalam hidup kami. Membawa gambaran yang positif mengenai Islam dan orang-orangnya. Saya rasa Mo (Salah) telah memberi hadiah yang tidak dapat kami lupakan," kata Galib.

Winger Liverpool Mohamed Salah melakukan sujud syukur setiap mencetak gol ke gawang lawan. (Foto: Halalzilla)
Winger Liverpool Mohamed Salah melakukan sujud syukur setiap mencetak gol ke gawang lawan. (Foto: Halalzilla)

Kejahatan Rasial juga Menurun

Bukan hanya jumlah jemaah masjid yang bertambah, keberadaan Salah juga membuat kejahatan rasial di Liverpool menurun tajam. 

Korelasi tersebut dibuktikan sebuah makalah akademis dalam American Political Science Review. Dalam makalah tersebut, disebutkan kehadiran Salah di Liverpool berdampak signifikan atas penurunan tingkat kejahatan dan kebencian di kota tersebut.

Menurut laporan BR Football, tingkat kejahatan kebencian di kota Liverpool turun sejak Salah menjadi pemain The Reds -julukan Liverpool.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3922 seconds [12]