Bola Lainnya | Detail

Duka Tsunami Tonga dan Kisah Timnas Tonga Digelontor Australia 22 Gol Tanpa Balas

Maruf
Minggu, 16 Januari 2022, 13:15 WIB
Duka Tsunami Tonga dan Kisah Timnas Tonga Digelontor Australia 22 Gol Tanpa Balas
Timnas U23 Tonga melakukan foto bersama jelang laga melawan Fiji U23 di Kualifikasi Olimpiade OFC Olympic (Foto: OFC Media)

LETUSAN gunung berapi bawah air di Pasifik Selatan membuat Tongatapu, pulau terbesar di Tonga diterjang tsunami pada Sabtu (15/1). Tonga merupakan negara kepulauan di Samudra Pasifik sebelah selatan Samoa dan timur Fiji. Negara ini terdiri 176 benua, dimana hanya 36 di antaranya berpenghuni. 

Seperti negara lainnya, Tonga juga memiliki gairah pada sepak bola. Mereka memiliki timnas yang rajin ikut kompetisi di zona Osenia karena Tongan di bawah  Oceania Football Confederation (OFC). Jika di lihat, peringkat timnas Tonga di FIFA tidak bisa dibilang buruk dengan berada di peringkat 199 pada data terakhir Desember 2021. 

Mereka bahkan pernah mencapai posisi 163 besar peringkat dunia FIFA pada Oktober 1998. Menariknya, meski sepak bola mereka masih tertinggal, tapi Ketua Eksekutif Asosiasi Sepak Bola Tonga, Joe Topou, menjadi anggota Komite Eksekutif FIFA pada 2002.

Prestasi terbesar Tonga adalah saat juara Piala Polinesia pertama yang diadakan pada 1993. Sedangkan kekalahan terbesar yang mereka alami adalah saat pertandingan melawan Australia pada 9 April 2001 di di Coffs Harbour, pada laga kualifikasi Piala Dunia 2002 zonna Osenia itu.

Skor besar timnas Tonga saat melawan Australia.

Saat itu, Tonga harus rela gawangnya digelontor 22 gol. Jumlah ini mengalahkan rekor internasional sebelumnya 20–0 pada Oktober 2000 ketika Kuwait mengalahkan Bhutan, 12 Februari 2000 pada kualifikasi untuk Piala Asia AFC 2000. Skor besar yang memantik reaksi negatif dari banyak kalangan. 

Termasuk Pelatih Australia Frank Farina. Dia menggambarkan kemenangan itu sebagai "memalukan" dan meminta OFC meninjau format kompetisi.  Sedangangkan Pelatih Tonga Gary Phillips mempertanyakan perlunya Australia memanggil begitu banyak pemain yang berbasis di Eropa dengan mengatakan. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1435 seconds [13]