MotoGP | Detail

Ducati Diyakini Sudah Jadi Juara jika Dikendarai Marc Marquez

Andhika Khoirul Huda
Kamis, 06 Januari 2022, 21:01 WIB
Ducati Diyakini Sudah Jadi Juara jika Dikendarai Marc Marquez
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (Foto: MotoGP)

PALMA – Sejak ditinggal oleh Casey Stoner, Ducati belum pernah lagi menjadi juara dunia. Padahal menurut legenda MotoGP, Jorge Lorenzo, motor balap Ducati, Desmosedici, tidaklah buruk. Lorenzo meyakini seandainya Desmosedici dikendarai oleh Marc Marquez, maka Ducati sudah akan menjadi juara dunia lagi.

Sebagai informasi, sudah 14 tahun lamanya Ducati tak mencicipi gelar juara. Ducati berhasil pecah telur menjadi juara pada 2007 lalu ketika Stoner dengan luar biasa di lintasan. Sayangnya, itu menjadi trofi pertama dan terakhir bagi mereka setidaknya sampai musim balap MotoGP 2021 lalu.

Setelah itu, Kejuaraan Dunia MotoGP kembali didominasi oleh dua tim pabrikan raksasa asal Jepang, Honda dan Yamaha dengan masing-masing menyabet tujuh dan lima gelar. Hanya pada musim 2020 lalu, Suzuki Ecstar bersama Joan Mir memutus kemenangan empat musim beruntun yang didapat Marquez di Honda.

Kendati demikian, pada dua musim terakhir, performa Ducati mulai meningkat lagi. Mereka sukses menjadi yang teratas pada klasemen akhir konstruktor, mengalahkan Yamaha dan Suzuki yang selalu membuntuti di posisi tiga besar.

Bahkan, pembalap andalan Ducati saat ini, Francesco Bagnaia, mampu memberikan perlawanan cukup sengit kepada sang juara MotoGP 2021, Fabio Quartararo, di paruh kedua musim lalu. Pembalap asal Turin itu mampu memenangan empat balapan dari enam seri terakhir.

Karena itu, Lorenzo  yakin jika seandainya tim pabrikan Ducati saat ini ditunggangi oleh dua pembalap berpengalaman seperti Marquez atau Stoner, maka mereka sudah mendapatkan gelar juara MotoGP lagi. Namun, juara MotoGP tiga kali itu juga optimis Pecco –sapaan Bagnaia- dan pembalap rookie tim satelit Ducati, Jorge Martin, bisa mempersembahkan trofi tersebut di masa depan.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2092 seconds [12]