Tim Nasional | Detail

Disinggung Perkuat Timnas Indonesia, Samsul Arif: Itu Sesuatu yang Sakral

Avirista Midaada
Selasa, 11 Januari 2022, 03:40 WIB
Disinggung Perkuat Timnas Indonesia, Samsul Arif: Itu Sesuatu yang Sakral
Samsul Arif mencetak hattrick dalam kemenangan Persebaya Surabaya atas Tira Persikabo dengan skor 3-2 di Liga 1 2021-2022 (FOTO: Twitter @Liga1Match).

BALI - Ketajaman penyerang veteran Persebaya Surabaya Samsul Arif disebut bisa menjadi jawaban bagi Tim Nasional (Timnas) akan stiker tajam. Pasalnya berkaca pada gelaran Piala AFF 2020 lalu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong kesulitan mencari penyerang lokal yang tajam dan mematikan. Pasalnya banyak klub Liga Indonesia memilih mempercayakan lini depan kepada penyerang asing. 

Nama Samsul Arif menjadi pun menyeruak menjadi alternatif mengatasi kemandulan penyerang Timnas Indonesia. Apalagi dengan 6 golnya menjadikan penyerang berusia 36 tahun masuk pemain lokal kedua terbanyak mencetak gol bersama Irfan Jaya, yang kini memperkuat Bali United. 

Namun nama Samsul menjadi lebih produktif karena ia hanya butuh 500 menit untuk mencetak 6 gol, dibanding Irfan Jaya yang bermain 918 menit selama memperkuat PSS Sleman di putaran pertama, yang sama-sama memperkuat 11 kali catatan bermain. 

Apalagi Samsul pernah 11 kali dipanggil Timnas Indonesia pada medio 2011 saat masih memperkuat Persela Lamongan. Saat itu Timnas Indonesia berada di bawah asuhan Wim Rijsbergen dan berhasil mencetak dua gol. 

Produktivitas gol Samsul Arif dinilai bisa menjadikannya kandidat pemain Timnas Indonesia, sebab dari beberapa penyerang lokal nama Samsul memiliki catatan statistik mentereng. Samsul tak menampik bila memperkuat Timnas Indonesia adalah suatu keinginan dan kehormatan seluruh pesepak bola di Indonesia. 

"Sebagai pemain sepak bola terutama di Indonesia, bergabung dengan tim nasional suatu yang sakral, karena tujuan utama pemain sepak bola pasti pingin berada di sana," kata Samsul usai laga melawan Persikabo 1973 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin malam (10/1/2022). 

Namun pesepak bola asal Kabupaten Bojonegoro ini mengaku masih perlu meningkatkan kualitasnya bila ingin kembali memperkuat Timnas Indonesia.

Bahkan ia mengaku siap, bila sewaktu-waktu Timnas Indonesia kembali memanggilnya di usianya yang tak lagi muda. Tetapi saat ini fokusnya hanya memberikan yang terbaik kepada tim yang diperkuatnya Persebaya Surabaya. 

"Kita tahu bukan masalah saya siap atau tidak, tapi saya harus mempunyai kualitas yang memadai, yang bisa buat saya layak berada di sana (Timnas Indonesia). Saya mencoba untuk itu, saya hanya mencoba di lapangan berlatih, dan kita nggak tahu ke depan seperti apa, yang jelas saya hanya berusaha untuk melakukan yang terbaik, " pungkasnya.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1120 seconds [12]