Basket | Detail

Dirut IBL Harap Indonesia Basketball Festival Ikut Bangkitkan Sektor Pariwisata

Andika Rachmansyah
Selasa, 04 Januari 2022, 18:48 WIB
Dirut IBL Harap Indonesia Basketball Festival Ikut Bangkitkan Sektor Pariwisata
Konferensi pers virtual Indonesia Basketball Festival (Foto: PP PERBASI)

JAKARTA - Indonesia Basketball Festival (IBF) sengaja digelar PP PERBASI untuk menyambut FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023. Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, berharap IBF juga ikut membangkitkan sektor pariwisata di kota-kota penyelenggara. 

Bisa dibilang, ini menjadi tahunnya bola basket Indonesia. Pasalnya, Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2021 yang akan berlangsung pada 12-24 Juli 2022 dan juga mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023.

PERBASI berusaha memanfaatkan momentum tersebut untuk semakin memasyarakatkan bola basket lewat IBF yang digelar pada 7 Januari hingga 26 Juni mendatang. Festival tersebut memang disiapkan sebagai program Road to FIBA Asia Cup 2021. 

Nantinya, pemain yang boleh tampil pada gelaran tersebut berusia 19-22 tahun untuk kategori putera dan puteri. Mereka akan bertarung dalam tiga series, yakni regional series, regional champions, dan championship series.

Kompetisi tersebut akan hadir di lima kota yang memiliki sejarah dan ikon pariwisata istimewa. Kelima kota yang akan disinggahi IBF adalah Timika, Bali, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta. Sebagai langkah awal, IBF akan dilaksanakan di Timika pada 7-11 Januari 2021.

Junas yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana FIBA Asia Cup 2021, ingin hadirnya IBF 2022 itu dapat memasyarakatkan bola basket di Indonesia. Selain itu, sektor pariwisita bisa bangkit lagi di kelima kota yang terpilih. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1130 seconds [13]