MotoGP | Detail

Direnovasi, Sirkut Losail Qatar Tak Menjadi Pembuka MotoGP 2023

Fitradian Dhimas Kurniawan
Sabtu, 14 Mei 2022, 22:00 WIB
Direnovasi, Sirkut Losail Qatar Tak Menjadi Pembuka MotoGP 2023
Brad Binder bersaing ketat dengan Enea Bastianini di MotoGP Qatar 2022 (Foto: REUTERS)

LOSAIL - Setelah menjadi seri pembuka MotoGP dalam beberapa tahu belakangan, Sirkuit Losail akan menyerahkan kehormatan tersebut ke lintasan lain. Hal ini karena lintasan tersebut tengah menjalani renovasi.

Sejak 2007, GP Qatar selalu menjadi pembuka MotoGP. Tradisi tersebut terus berjalan hingga musim ini. Lintasan tersebut bahkan baru memperpanjang kontrak untuk menjadi tuan rumah sampai 2031.

Namun, hal tersebut tampaknya tidak akan terjadi pada 2023 mendatang. Pasalnya, lintasan berjarak 5,3 km tersebut tengah menjalani renovasi, demi memberikan pengalaman lebih kepada penontonnya.

Enea Bastianini (Gresini Racing) berhasil memenangi MotoGP Qatar 2022 (Foto: MotoGP)
Enea Bastianini (Gresini Racing) berhasil memenangi MotoGP Qatar 2022 (Foto: MotoGP)

Proses renovasi itu sebenarnya akan dimulai pada 2022. Namun, mereka kemungkinan tidak akan rampung pada awal 2023, sehingga tak bisa membuka MotoGP pada musim depan.

Hingga saat ini, pihak MotoGP masih belum mengumumkan kalender untuk musim depan. Namun, dengan direnovasinya Sirkuit Losail, maka pembuka musim akan menuju lintasan lain.

Kejadian ini sekaligus memindah MotoGP Qatar pindah ke tengah atau akhir musim. Besar kemungkinan balapan tersebut akan pindah ke akhir musim, bersama balapan di luar Eropa lainnya.

Walau berpindah slot kalender, MotoGP Qatar akan tetap diadakan pada malam hari. Hal itu pun menyajikan balapan yang berbeda di lintasan tersebut, karena berlangsung di bawah sorot lampu.

Editor : Hadi Febriansyah

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1280 seconds [12]