logo
Bola Lainnya | Detail

Diminta 15, Presiden Jokowi Siapkan Tanah 50 Hektar untuk Training Center Sepakbola di IKN

Andhika Khoirul Huda
Rabu, 03 Agustus 2022, 16:33 WIB
Diminta 15, Presiden Jokowi Siapkan Tanah 50 Hektar untuk Training Center Sepakbola di IKN
Presiden RI Joko Widodo menyediakan lahan seluas 30-50 hektar di IKN(Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - PSSI hanya meminta tanah seluas 15 hektar kepada Pemerintah RI untuk dibangunkan training center (TC) sepak bola. Namun, Presiden RI Joko Widodo menyanggupi untuk menyiapkan lahan seluas 30-50 hektar di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Seperti diketahui, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Menpora RI Zainudin Amali bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/8/2022) pagi WIB. Pertemuan itu digelar guna membahas dunia persepakbolaan Tanah Air. 

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi sempat menanyakan rencana PSSI membangun training center agar pembinaan Timnas Indonesia di semua kelompok umur berjalan lebih baik lagi. Lalu, Jokowi menyatakan pemerintah bakal menyiapkan lahan di IKN untuk keperluan tersebut.

“Beliau (Jokowi) menanyakan, ‘Bagaimana Pak Iwan apakah rencana pembuatan training center itu sudah ada tempatnya? Kalau mau nanti saya siapkan tanah di IKN sekaligus dengan pembangunannya,'” kata Iriawan dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Iriawan lantas menjelaskan kepada Jokowi PSSI hanya membutuhkan tanah sekira 15 hektar saja untuk mendirikan fasilitas training center tersebut. Akan tetapi, ternyata Presiden mengatakan pemerintah menyiapkan lahan seluas 30-50 hektar. 

Tentu saja, kabar tersebut menjadi angin segar bagi para pecinta sepakbola Tanah Air. Pasalnya, selama ini Timnas Indonesia tidak memiliki lapangan khusus untuk melakukan pemusatan latihan dalam mempersiapkan turnamen-turnamen yang mereka ikuti.

Selain itu, pembangunan training center tersebut juga bakal bermanfaat untuk pembinaan para pemain muda Tim Merah-Putih yang terdiri dari berbagai kelompok umur. Diharapkan, bakat-bakat mereka bisa terasah dengan maksimal dengan tersedianya training center yang memiliki fasilitas lengkap di IKN nantinya. 

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1575 seconds [12]