logo
Ragam Lainnya | Detail

Kerap Disangka Mirip! Inilah Perbedaan Rounders dan Kasti

Wikku D. Nugroho
Rabu, 24 Agustus 2022, 17:26 WIB
Kerap Disangka Mirip! Inilah Perbedaan Rounders dan Kasti
Perbedaan Rounders dan Kasti (Foto: Istimewa)

JAKARTA-Perbedaan rounders dan kasti menjadi informasi yang sering dicari oleh para pecinta olahraga. Rounders dan kasti merupakan olahraga bola kecil terpopuler di dunia. Dua olahraga ini satu rumpun dengan baseball dan softball. 

Banyak yang mengira jika rounders dan kasti merupakan jenis olahraga yang sama. Namun ternyata ada beberapa perbedaan antara rounders dan kasti. Apa sajakah perbedaan tersebut? 

Berikut Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap perbedaan rounders dan kasti;

Beberapa anak tampak sudah memahami cara bermain bola kasti dan aturannya. (Foto: Kemendikbud)

Perbedaan Rounders dan Kasti

  1. Durasi Permainan

Perbedaan rounders dan kasti diawali dari durasi permainan. Dalam rounders, dalam satu pertandingan terdiri dari tiga babak atau inning. Sedangkan dalam pertandingan kasti dimainkan sebanyak dua babak.

Setiap babak terdiri dari 30 menit. Setiap tim memiliki waktu istirahat 10 menit dalam setiap babaknya. 

  1. Bentuk dan Ukuran Lapangan

Lapangan rounders berbentuk persegi lima. Di tiap sudut terdapat lima base. Tempat hinggap atau base memiliki ukuran 40x40 cm. Sedangkan panjang sisi lapangan dan jarak antar base yakni berjarak 15 meter. 

  1. Berat Bola

Bola rounders memiliki berat 80 hingga 100 gram. Sedangkan bola kasti memiliki berat 70 hingga 80 gram. Mengenai lingkar bola dari rounders dan kasti memiliki ukuran 19-22 cm. 

  1. Bet atau Alat Pemukul

Bet atau alat pemukul rounders dan kasti ternyata berbeda. Panjang alat pemukul rounders yakni 50 hingga 80 cm dan berdiameter 7 cm. Sedangkan alat pemukul kasti memiliki panjang 52 cm dan berdiameter 5 cm.

Demikian ulasan dari Sportstars.id mengenai perbedaan rounder dan kasti. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada. 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1600 seconds [13]