logo
Liga Indonesia | Detail

Dikalahkan Arema FC, Pelatih PSIS Akui Strategi False Nine Tak Maksimal

Avirista Midaada
Minggu, 31 Juli 2022, 07:59 WIB
Dikalahkan Arema FC, Pelatih PSIS Akui Strategi False Nine Tak Maksimal
Taisei Marukawa PSIS (Foto: Instagram PSIS)

MALANG - Absennya Carlos Fortes membuat lini serang PSIS Semarang tumpul. Bahkan di laga pekan kedua Liga 1 musim 2022-2023 melawan Arema FC, skema bermain tanpa penyerang ditampilkan oleh Mahesa Jenar, julukan PSIS.

Pelatih PSIS Sergio Alexandre, menempatkan Jonathan Cantillana yang biasanya berposisi sebagai penyerang lubang atau playmaker di lini depan. Di sisi kiri Taise Marukawa dan kanan ada Wawan Febrianto membantu suplai bola ke Cantillana.

Sementara penyerang murni Hari Nur Yulianto masih berada di bangku cadangan. Namun tak juga membuahkan hasil, bahkan seolah-olah PSIS bermain tanpa pola. Tetapi taktik ini masih diterapkan pada awal-awal babak kedua, sebelum akhirnya Hari Nur Yulianto dimasukkan menit 59 menggantikan Wawan Febrianto. 

Hasilnya tak berselang lama, beberapa kali pergerakan Hari Nur dan Taise Marukawa merepotkan pertahanan Arema FC. Penetrasi individu Marukawa dan suplai ke lini depan dikendalikan Cantillana pasca Hari Nur masuk, hingga akhirnya berbuah gol di menit 74. 

Sergio mengakui bermain tanpa penyerang andalan layaknya Carlos Fortes amat menyulitkan timnya. Makanya dia sempat menempatkan Jonathan Cantillana di strategi false nine atau tanpa penyerang murni.

"Kita kehilangan Fortes pemain yang bagus, kita mencoba beberapa taktik yang lain dan itu butuh waktu, untuk kemudian menjadi sebuah rencana yang lebih baik. Kami berharap Fortes bisa kembali," ucap Sergio Alexandre sesuai pertandingan pada Sabtu malam (30/7/2022) di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang.

"Hari ini kami memainkan Jonathan Cantillana sebagai false nine, dia secara keseluruhan bermain tidak buruk, tapi memang secara unit memang belum padu, karena posisinya tidak di situ," tambah pelatih asal Brasil ini.

Pelatih berusia 55 tahun ini pun berujar akan memperbaiki timnya pasca dua laga kurang memuaskan di awal kompetisi Liga 1 musim 2022 - 2023 ini. Tetapi ia juga meminta dukungan suporter PSIS ke depan demi misi memperbaiki peringkat tersebut.

"Tetaplah mendukung pemain kami, tetaplah mendukung tim ini. Karena kami butuh kalian untuk membalikkan keadaan setelah ini terjadi," pungkasnya.

Arema FC meraih kemenangan dramatis 2-1 di laga pertama kandang pada Liga 1 musim 2022-2023, atas PSIS Semarang pada laga pekan kedua Liga 1 musim 2022, Sabtu malam (30/7/2022). Sempat tertinggal melalui gol Taise Marukawa menit 74, dua gol Arema FC balasan membuat comeback yang manis.

Dua gol itu diciptakan pemain pengganti Ilham Udin Armaiyn menit 79 memanfaatkan kemelut di pertahanan PSIS. Sedangkan gol kemenangan dicetak oleh Sergio Silva menit 95 melalui sebuah service tendangan penjuru. 

Berkat kemenangan ini membuat posisi Arema FC naik ke posisi 8 klasemen sementara Liga 1 dengan torehan 3 poin. Sementara kekalahan yang diderita PSIS membuat posisinya turun ke peringkat 13 klasemen, dengan 1 poin.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1680 seconds [12]