logo
Ragam Lainnya | Detail

Dihadapan Presiden IOC, Erick Thohir Pastikan Indonesia Sangat Serius Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Cikal Bintang Raissatria
Rabu, 16 November 2022, 21:38 WIB
Dihadapan Presiden IOC, Erick Thohir Pastikan Indonesia Sangat Serius Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036
Menteri BUMN, Erick Thohir menyatakan kehadiran IOC dan FIFA pada KTT G20 di Bali sejalan dengan persepsi positif negara-negara maju terhadap perkembangan Indonesia di masa depan.

BALI – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menegaskan Indonesia sangat serius ingin menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Erick menjelaskan, semangat olahraga dan visi Indonesia menuju generasi emas menjadi alasan utamanya.

Seperti diketahui, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Presiden Jokowi mengatakan, Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi tempat berlangsungnya turnamen olahraga multi-ajang itu.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Jokowi di Presidensi G20 2022, yang juga dihadiri oleh Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, Rabu (16/11/2022). Bach pun menyambut niat baik Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Bach pun menyambut niat baik tersebut dengan melangsungkan Konferensi Pers G20 di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022) yang ditayangkan melalui YouTube resmi Kemenkominfo RI. Acara itu juga dihadiri oleh Erick dan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainuddin Amali.

Dalam kesempatan itu, Erick mengatakan Indonesia sangat serius untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Alasannya, Erick mengatakan bahwa Indonesia sedang menuju generasi emas dan mempunyai semangat olahraga tinggi.

“Indonesia serius menaruh minat menjadi tuan rumah Olimpiade. Karena seperti yang kalian tahu, tahun 2045 kita sedang merayakan 100 Tahun yang merupakan generasi emas Indonesia,” kata Erick dalam konferensi pers itu, Rabu (16/11/2022).

Lebih lanjut, Erick mengatakan visi Indonesia juga selaras dengan semangat Olimpiade. Menteri berusia 52 tahun ini menjelaskan, Indonesia bisa mendorong perdamaian dan persatuan melalui olahraga, sesuai dengan semboyan ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

“Dan tahukah Anda, Indonesia juga adalah kesatuan dalam keragaman. Inilah yang harus kami tunjukkan selama makan malam G20. Ketika semua kepala misi ada di sana bahwa ini adalah keyakinan dan melalui olahraga,” ujar Erick.

“Ini adalah sesuatu yang bisa mendorong perdamaian, saya harap. Dan kami sangat serius memikirkan hal ini (Olimpiade 2036) dan semoga kami juga dapat dukungan dari anggota IOC,” pungkasnya.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1815 seconds [12]