Sportainment | Detail

Diburu Kolektor, Harga Stiker Panini Diego Maradona Tembus Rp7,8 Miliar

Basudiwa Supraja
Senin, 15 November 2021, 14:52 WIB
Diburu Kolektor, Harga Stiker Panini Diego Maradona Tembus Rp7,8 Miliar
Stiker Panini kerap menghiasi setiap ajang Piala Dunia. (Foto: The Sun)

STIKER Panini selalu menghiasi setiap ajang Piala Dunia. Kini, stiker bergambar foto bintang sepak bola itu menjadi buruan para kolektor. Bahkan, harganya bisa tembus miliaran rupiah. 

Sejarahnya, perusahaan produsen stiker tersebut didirikan pada 1961 di Modena, Italia oleh Panini bersaudara (Benito dan Giuseppe). Awalnya, mereka bergerak sebagai distrubutor koran, lalu berkembang dengan memproduksi buku, komik, majalah, stiker, dan trading card.

Namun, nama Panini mencuat setelah mereka membeli hak penjualan kartu bergambar tempel (stiker) yang gagal dipasarkan oleh perusahaan asal Milan. Sejak itu, mereka selalu menjadi rekan FIFA untuk menerbitkan koleksi striker dan trading card.

Hingga kini, Panini menjadi bagian dari kebahagiaan dan kemeriahan Piala Dunia. Telah lebih dari 60 tahun, Panini menghiasi koleksi lemari para kolektor.

Meskipun banyak hadir model kartu, stiker, dan album olahraga seperti Shhot, Match Weekly dan Roy of The Rovers, tetapi Panini masih menjadi pilhan utama para penggemar. Hal itu diungkapkan oleh penulis Panini Football Stickers, Greg Lansdowne, yang menyatakan Panini menyatukan para pendukung sepak bola.

Stiker Panini memiliki semangat komunitas paling banyak. Segala sesuatu yang lain terpecah tetapi mereka menyatukan pendukung sepak bola,” ucap Lansdowne dikutip dari The Sun, Senin (15/11/2021).

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.5363 seconds [12]