MotoGP | Detail

Deretan Tim yang Berpotensi Gantikan Suzuki di Ajang MotoGP

Andhika Khoirul Huda
Kamis, 05 Mei 2022, 11:41 WIB
Deretan Tim yang Berpotensi Gantikan Suzuki di Ajang MotoGP
Tim Suzuki Ecstar dikabarkan akan mundur dari MotoGP usai musim 2022 (Foto: Suzuki Racing)

HAMAMATSU - Berikut adalah deretan tim yang berpotensi menggantikan Suzuki Ecstar di ajang MotoGP.  Sebagaimana diketahui, kabar menggemparkan tersebar menjelang balapan MotoGP Spanyol pada akhir pekan lalu.

Suzuki tiba-tiba dikabarkan bakal hengkang dari MotoGP karena beberapa alasan, termasuk finansial.

Joan Mir (Suzuki Ecstar) melaju di depan Jack Miller (Ducati Lenovo) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team) pada MotoGP Portugal 2022 (Foto: Reuters/Pedro Nunes)

Namun, CEO Dorna Sports, Carmelo Espeleta, ingin MotoGP tetap memiliki enam tim pabrikan yang masing-masing punya tim satelit atau total 12 tim di paddock. Suzuki sendiri belum memiliki tim satelit, sama dengan Aprilia. Tetapi tim pabrikan Noale itu sudah berencana untuk meluncurkan tim kedua musim depan.

Jika Suzuki benar-benar hengkang, maka akan ada satu slot tim yang kosong di paddock. Dilansir dari Tuttomotoriweb, Kamis (5/5/2022) dua pabrikan, yakni BMW dan Kawasaki, mungkin akan mempertimbangkan keputusan untuk mentas di MotoGP mengisi slot yang tersedia tersebut.

Akan tetapi, peluang BMW dan Kawasaki untuk melakukan hal itu diprediksi sangat kecil. Pasalnya, mereka kemungkinan tidak akan mau mengambil risiko karena anggaran tahunan MotoGP pastinya akan lebih tinggi dibandingkan Superbike, di mana mereka telah berkompetisi.

Lalu, KTM disebut juga sangat mungkin untuk mengambil slot kosong tersebut. Sebab, mereka telah dikabarkan bakal membuka tim satelit kedua dengan merek tim yang berbeda.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1365 seconds [12]