logo
Bola Lainnya | Detail

Deretan Pesepak Bola Indonesia yang Main di Eropa, Mulai dari Kurniawan hingga Witan

Rifqi Herjoko
Kamis, 26 Januari 2023, 13:00 WIB
Deretan Pesepak Bola Indonesia yang Main di Eropa, Mulai dari Kurniawan hingga Witan
Witan Sulaeman tampil apik bersama AS Trencin (Foto: Facebook/AS Trencin)

JAKARTA – Berikut merupakan deretan pemain Indonesia yang pernah atau masih bermain di Eropa. Banyak pesepak bola Tanah Air yang mencoba peruntungan berkarier di sana.

Harus diakui, dunia sepak bola Eropa jauh lebih maju dibandingkan dengan kawasan Asia. Sepak bola sudah sejak lama dipandang sebagai industri di sana. Oleh karena itu, segala hal dikelola secara profesional.

Tak heran jika banyak negara di Eropa menempati posisi teratas dalam ranking FIFA. Pembinaan pemain muda dilakukan secara serius. Hal itu turut didukung dengan fasilitas latihan yang memadai. Selain itu, kompetisi juga digelar secara konsisten dan berjenjang.

Kurniawan Dwi Yulianto di Sampdoria (Foto: Twitter)
Kurniawan Dwi Yulianto di Sampdoria (Foto: Twitter)

Berkarier di kompetisi Eropa lantas menjadi impian bagi sebagian kecil pesepak bola Tanah Air yang menginginkan perubahan. Usut punya usut, banyak pemain Indonesia yang pernah mencoba peruntungan berkarier di Eropa sejak dulu.

Misalnya saja, Kurniawan Dwi Yulianto pernah memperkuat klub asal Swiss, FC Luzern pada era 90an. Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu dikontrak klub tersebut pada Juli 1994. Dia membela klub top Swiss itu selama dua musim.

Kurniawan mampu mencatatkan 25 penampilan dengan koleksi tiga gol. Akan tetapi, torehan itu belum cukup untuk menjaga kariernya di Eropa. Setelahnya, dia pulang kampung dan bergabung ke klub domestik, Pelita Jaya.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2450 seconds [12]