Hobi | Detail

Deretan Olahraga Tradisional Unik di Indonesia, Nomor 2 Jadi Gambar Uang Lawas

Tim Litbang
Rabu, 12 Januari 2022, 21:01 WIB
Deretan Olahraga Tradisional Unik di Indonesia, Nomor 2 Jadi Gambar Uang Lawas
Karapan sapi merupakan salah satu olahraga tradisional unik Indonesia (Foto: Dok. Okezone)

OLAHRAGA tradisional unik di Indonesia tidak lepas dari suku adat yang ada di wilayah tersebut. Beberapa olahraga tradisional ini bahkan pernah masuk dalam gambar uang Rp1.000. 

Di beberapa wilayah, olahraga tradisional unik di Indonesia ini sampai sekarang masih sering dilalukan warganya. Meski jarang olahraga ini hanya digelar ketika event-event tertentu.

Melansir berbagai sumber, berikut beberapa olahraga tradisional unik di Indonesia: 

1. Karapan Sapi

Permainan yang berasal dari Madura, Jawa Timur ini merupakan ajang untuk mengadu kekuatan dan kecepatan sapi peliharaan warga setempat. Melansir Okezone, permainan ini awalnya diciptakan untuk mengukur kecepatan sapi saat membajak sawah. 

Masing-masing tim terdiri atas dua ekor sapi yang menarik sebuah kereta kayu yang ditunggangi oleh peserta permainan. Para pemain kemudian akan berlomba menjadi yang pertama dalam menempuh jarak sejauh 100 meter.

Lompat batu alias zawo-zawo dari Nias merupakan olahraga tradisional unik Indonesia (Foto: Dok. Okezone)
Lompat batu alias zawo-zawo dari Nias merupakan olahraga tradisional unik Indonesia (Foto: Dok. Okezone)

2. Zawo-Zawo

Olahraga ini dimainkan masyarakat Kepulauan Nias sebagai permainan tradisional. Zawo-zawo dikenal dengan nama lompat batu Pulau Nias. Permainan ini dahulu digunakan sebagai persiapan masyarakat setempat sebelum maju ke medan perang. 

Batu-batu disusun sehingga tingginya mencapai 2 meter, sebelum peserta permainan melompati tumpukan batu tersebut. Gambar aktivitas olahraga ini bahkan pernah menjadi gambar uang Rp1.000.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1166 seconds [13]