Sportainment | Detail

Demba Ba Kutip Ayat Alquran untuk Lawan Rasisme dalam Sepak Bola

Abdul Haris
Jum'at, 05 November 2021, 17:57 WIB
Demba Ba Kutip Ayat Alquran untuk Lawan Rasisme dalam Sepak Bola
Demba Ba saat masih berkostum Chelsea. (Foto: Eurosport)

MASIH ingat Demba Ba? Ya, dia adalah pesepak bola muslim yang pernah bermain di Chelsea dan juga Newcastle United. Sebagai penganut Islam, dia pernah mengutip ayat Alquran untuk melawan rasisme dalam sepak bola. 

Kisah itu terjadi pada Desember 2018. Kala itu, Demba Ba merespons serangan rasisme yang menimpa bek Napoli Kalidou Koulibaly saat meladeni Inter Milan pada Liga Italia 2018-2019 

Sepanjang laga di Giuseppe Meazza itu, sekelompok suporter tuan rumah terus meneriaki pemain asal Senegal itu dengan suara-suara monyet.

Carlo Ancelotti, pelatih Napoli saat itu, mengatakan, karena perlakuan itu permainan Koulibaly berubah. Konsentrasinya terpecah dan akhirnya diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua. 

Situasi ini mengundang banyak dukungan dari pesepak bola lainnya. Salah satunya dari Demba Ba. Dia tak rela rekan senegaranya itu dihina dengan nada-nada rasis. 

Namun, Demba Ba melawan rasisme itu dengan cara elegan. Dia menghadapinya dengan mengutip ayat suci Alquran surat Al-Hujurat 13. 

“Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti,” tulis Demba Ba di akun Twitter miliknya, @dembabafoot. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.6547 seconds [13]