Ragam Lainnya | Detail

DBON Sudah di Jalur yang Tepat, Prestasi di SEA Games 2021 Jadi Bukti

Hadi Febriansyah
Selasa, 24 Mei 2022, 23:30 WIB
DBON Sudah di Jalur yang Tepat, Prestasi di SEA Games 2021 Jadi Bukti
Menpora Zainduin Amali bersama Arpriyani dan Siti Fadia (Kemenpora)

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menerangkan keberhasilan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) gelaran SEA Games 2021 kali ini. Hal ini menjadi bukti Program Cetak Juara bisa mengangkat prestasi Indonesia.

Pada gelaran SEA Games 2021, Indonesia berhasil menempati peringkat tiga besar. Indonesia pun berhasil mendapatkan medali yang cukup banyak. Medali yang didapat adalah 69 medali emas, 92 medali perak, dan 80 medali perunggu.

Tak hanya itu, beberapa sejarah juga tercipta pada gelaran SEA Games 2021. Salah satunya adalah keberhasilan tim nasional basket putra Indonesia merebut medali emas SEA Games untuk pertama kalinya sejak 1977.

“Ini adalah hasil kerja bersama. Jadi, tidak ada satu atau dua individu atau kelompok yang merasa yang paling berjasa, tetapi ini adalah semua kerja sama-sama kita bersama tim pemerintah, pimpinan cabor, NOC, KONI, atlet, pelatih dan ofisial," tegas Menpora Amali.

"Atas nama seluruh rakyat dan pemerintah Indonesia menyampaikan selamat datang kembali ke tanah air. Apresiasi dan ucapan terima kasih atas segala perjuangan sehingga Indonesia berada di peringkat 3 SEA Games ke-31 ini," tambah Menpora Amali.

Pada SEA Games 2021, sebanyak 499 atlet yang dikirim atau lebih sedikit dari SEA Games 2019 yakni 841 atlet. 

Dengan jumlah yang lebih sedikit, prestasi Indonesia justru meningkat karena berhasil menempati peringkat ketiga, sementara pada SEA Games 2019 ada di urutan empat. 

Situasi itu menggambarkan keberhasilan DBON dan Cetak Juara yang dicanangkan Kemenpora. Program itu sesuai dengan Perpres No.86 tahun 2021 tentang DBON.

Editor : Hadi Febriansyah

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1461 seconds [13]