Bola Lainnya | Detail

Dapat Dukungan FIFA, Israel Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030?

Admiraldy Eka Saputra
Kamis, 14 Oktober 2021, 09:32 WIB
Dapat Dukungan FIFA, Israel Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030?
Trofi Piala Dunia (Foto: FIFA)

ISRAEL memiliki peluang untuk menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia 2030. Dilansir dari laman CNN, Kamis (14/10/2021) Israel mengklaim mereka telah mendapat dukungan dari Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Israel, Naftali Bennet. Bennet mengatakan salah satu kunjungan FIFA ke Israel adalah untuk membicarakan rencana tersebut.

"Kami berbicara mengenai gagasan Israel untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Rencananya akan ada juga negara-negara lain yang dipimpin oleh Uni Emirat Arab," ujar Bennet.

Meski baru sebatas rencana, kemungkinan Israel untuk menjadi tuan rumah bersama di Piala Dunia 2030 bisa saja terjadi. Jika semua terealisasi, ini akan menjadi Piala Dunia pertama yang diselenggarakan di tiga negara berbeda.

Sementara itu, Infantino mengatakan salah satu cara yang membuka jalan Israel menjadi tuan rumah Piala Dunia adalah dengan menormalisasi hubungan dengan sejumlah negara tetangga. Beberapa diantaranya seperti Uni Emirat Arab dan Bahrain yang bisa membantu menyukseskan kampanye pencalonan. 

Namun di sisi lain, rencana penunjukkan Israel sebagai tuan rumah bersama pada gelaran Piala Dunia 2030 juga mendapat kecaman dari berbagai pihak. Salah satunya Asosiasi Sepakbola Palestina yang dengan tegas menolak usul tersebut.

Mereka melihat rencana ini dilakukan hanya untuk kepentingan segelintir orang. Hal ini jelas bersebrangan dengan pernyataan FIFA yang dengan tegas mengatakan tidak akan mencampurkan sepabkola dengan urusan politik. 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2252 seconds [12]