Basket | Detail

Dampak Instan Pemain Naturalisasi di Tim Basket Indonesia, Rebut Medali Emas SEA Games 2021

Muammar Yahya Herdana
Minggu, 22 Mei 2022, 19:10 WIB
Dampak Instan Pemain Naturalisasi di Tim Basket Indonesia, Rebut Medali Emas SEA Games 2021
Derrick Xzavierro membela Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2021 (Reuters)

HANOI – Timnas Basket Indonesia mengukir sejarah karena untuk pertama kalinya membawa pulang medali emas SEA Games. Datangnya beberapa pemain naturalisasi dinilai menjadi salah satu faktor meningkatnya prestasi Tim Basket Indonesia.

Pada SEA Games 2021, Indonesia menurunkan empat pemain naturalisasi untuk merebut medali emas. Di antaranya adalah Brandon Jawato, Dame Diagne, Marques Bolden, dan Derrick Xzavierro.

Keempat pemain tersebut mampu memberikan perubahan yang sangat berarti bagi kesuksesan basket Indonesia di SEA Games kali ini. Keberadaan mereka mampu memberikan warna dengan pertahanan yang cukup solid.

Brandon Jawato membela Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2021 (Reuters)
Brandon Jawato membela Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2021 (Reuters)

Tidak hanya itu, mereka juga menjadi salah satu bintang yang mampu menciptakan poin-poin penting bagi Indonesia. Maka, tidak heran jika Indonesia akhirnya mampu mengalahkan dominasi Filipina yang sudah menjadi juara 13 kali berturut-turut.

Hal tersebut kembali terlihat pada laga terakhir saat menghadapi Filipina. Marques Bolden kembali menjadi bintang bagi tim basket Indonesia setelah pemain Salt Lake City tersebut mampu menciptakan 18 poin serta 10 rebound dan tiga assist.

Derrick Xzavierro juga berhasil menampilkan permainan yang cukup memukau pada pertandingan tersebut. Pemain Grand Canyon University tersebut sukses menyumbang 14 poin dan juga tujuh rebound.

Sebelum Filipina, lima tim lainnya juga menjadi sasaran empuk bagi Indonesia. Kamboja, Thailand, Malaysia, Singapura, serta Vietnam telah lebih dulu kesulitan menghadapi tim Indonesia yang tampil sangat garang dengan kehadiran Brandon Jawato, Dame Diagne, Marquez Bolden, dan Derrick Xzavierro.

Ini merupakan pertama kalinya bagi Indonesia bisa mendapat medali emas di SEA Games. Indonesia pun kini berhasil menumbangkan dominasi Filipina yang telah merebut medali emas selama 13 kali berturut-turut. 

Editor : Hendry Kurniawan

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1444 seconds [12]