logo
Tim Nasional | Detail

Daftar Pemain Naturalisasi di Era Iwan Bule: Nama Shayne Pattynama yang Terbaru

Wikku D. Nugroho
Rabu, 25 Januari 2023, 14:43 WIB
Daftar Pemain Naturalisasi di Era Iwan Bule: Nama Shayne Pattynama yang Terbaru
Shayne Pattynama menjadi pemain naturalisasi terbaru usai mengucapkan sumpah sebagai WNI (Foto: Instagram/mochamadiriawan84)

JAKARTA - Daftar pemain naturalisasi di era Iwan Bule menarik untuk diulas kali ini. Dalam beberapa waktu terakhir, PSSI menjalankan program naturalisasi kepada para pemain keturunan.

Bukan tanpa sebab, Mochamad Iriawan, selaku Ketua Umum PSSI menginginkan kehadiran para pemain naturalisasi dapat memberikan prestasi yang memukau bagi Timnas Indonesia

Shayne Pattynama menjadi pemain yang baru saja selesai menjalani proses naturalisasi. Pemain yang kini berkarier di Liga Norwegia bersama Viking FK itu disinyalir akan memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2023. 

Sportstars.id berfoto bersama Shayne Pattynama usai pengambilan sumpah WNI pada Selasa (24/1/2023) sore WIB (Foto: Sportstars.id/Basudiwa Supraja)

Daftar Pemain Naturalisasi di Era Iwan Bule

Sejauh ini, beberapa nama pemain sudah resmi dinyatakan sebagai WNI dan berhak untuk memperkuat Skuad Merah Putih di kancah internasional. Nama-nama tersebut antara lain, Marc Klok, Elkan Baggott, Jordi Amat hingga Sandy Walsh. 

Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong sudah menurunkan salah satu pemain naturalisasi di Piala AFF 2020 lalu. Pemain tersebut adalah Elkan Baggott.

Pemain yang memiliki darah keturunan Inggris itu bermain di ajang tersebut dalam lima laga. Akan tetapi, di ajang perdananya bersama Timnas Indonesia itu, Elkan hanya mampu mengantarkan negaranya sampai final Piala AFF 2020.

Saat itu Indonesia dikalahkan Thailand dengan aggregat 6-2. Lalu, Elkan Baggott sempat memperkuat Timnas Indonesia di berbagai ajang internasional seperti FIFA Matchday kontra Curacao dan Bangladesh serta Kualifikasi Piala Asia 2023. 

Namun sayang, Elkan Baggott tidak dapat tampil di ajang Piala AFF 2022, beberapa waktu lalu. Lantaran klubnya, Gillingham FC tidak memberinya izin bermain di ajang sepak bola bergengsi se-Asia Tenggara tersebut. 

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1934 seconds [13]