logo
Tim Nasional | Detail

Daftar Lengkap Pemain Naturalisasi Indonesia: Shayne Pattynama Jadi yang Ke-38

Wikku D. Nugroho
Rabu, 25 Januari 2023, 18:35 WIB
Daftar Lengkap Pemain Naturalisasi Indonesia: Shayne Pattynama Jadi yang Ke-38
Shayne Pattynama menjadi pemain naturalisasi Indonesia teranyar. (Foto: Instagram/@s.pattynama).

JAKARTA - Daftar lengkap pemain naturalisasi Indonesia menarik untuk diulas kali ini. Shayne Pattynama menjadi nama teranyar yang berhasil melalui proses naturalisasi.   

Pemain yang kini tengah membela tim Liga Norwegia, Viking FK itu telah diambil sumpahnya sebagai WNI di Kantor Wilayah Kemenkumham, pada Selasa (24/1/2023) siang WIB. 

Shayne Pattynama pun diprediksi akan memperkuat Timnas Indonesia dalam waktu dekat ini. Bukan tidak mungkin, nama pemain berusia 24 tahun itu akan ambil bagian dalam ajang Piala Asia 2023 pada Juni 2023 mendatang.

Sebelum itu, ada dua pemain yang telah resmi menyandang status sebagai WNI yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh. Keduanya telah diambil sumpahnya pada November 2022 lalu. 

Jordi Amat memulai laga debutnya bersama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022. Pada ajang sepak bola bergengsi se-Asia Tenggara itu, ia bermain penuh selama 90 menit di empat laga. Ia hanya absen di dua laga kontra Brunei dan Filipina. 

Daftar Agenda Timnas Indonesia di Tahun 2023. (Foto: Instagram/@jordiamat5).

Daftar Lengkap Pemain Naturalisasi Indonesia

Di balik semua itu, ternyata Shayne Pattynama menjadi pemain ke-38 yang berhasil dinaturalisasikan oleh PSSI. Pemain yang pertama kali dinaturalisasi adalah Van der Kin. 

Kiper berdarah Belanda itu akhirnya dapat membela Timnas Indonesia usai sukses melewati serangkaian proses naturalisasi pada 1950 silam. Setelahnya, beberapa pemain juga turut dinaturalisasikan oleh PSSI. 

Cristian Gonzales merupakan salah satu pemain yang ingin dinaturalisasi atas keinginan sendiri. Pemain berjuluk El Loco itu memenuhi salah satu syarat yakni tidak pernah pulang ke negeri asalnya, Uruguay selama lima tahun berturut-turut.  

Selain pemain yang menuai sukses di Persik Kediri itu, beberapa pemain yang melakukan hal serupa adalah Marc Klok, Beto Goncalves, Ilija Spasojevic dan Otavio Dutra. 

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1909 seconds [13]