Netting | Detail

Daftar Lengkap Juara BWF World Tour Finals: Indonesia Punya 1

Basudiwa Supraja
Rabu, 01 Desember 2021, 05:00 WIB
Daftar Lengkap Juara BWF World Tour Finals: Indonesia Punya 1
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan saat menjuarai BWF World Tour Finals 2019 (Foto: PBSI)

NUSA DUA – Berikut adalah daftar lengkap juara BWF World Tour Finals di mana Indonesia baru punya satu gelar. BWF World Tour Finals  akan digelar pada Rabu, (1/12/2021) hingga Minggu (5/12/2021) di Nusa Dua, Bali. 

Ajang tersebut merupakan penutup dari rentetan yang telah diselenggarakan oleh BWF selama setahun. Turnamen BWF World Tour Finals baru digelar dari 2018 lalu. Indonesia menjadi tuan rumah keempat yang dipercaya menggelar ajang bergengsi BWF tersebut.

Selama tiga tahun diadakannya BWF World Tour Finals ini, hanya satu wakil Indonesia yang berhasil meraih gelar juara. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan adalah satu-satunya wakil Indonesia yang pernah merebut gelar juara saat digelar di Guangzhou, China pada 2019 lalu.

Guangzhou juga merupakan tuan rumah pertama digelarnya BWF World Tour Finals pada 2018. Saat itu pemegang gelar juara didominasi oleh para pebulu tangkis asal China.

Tiga wakil China berhasil menembus juara di tiga sektor berbeda. Tunggal putra dimenangkan oleh Shi Yuqi, ganda putra berhasil direbut oleh Li Junhui/Liu Yuchen, serta ganda campuran dimenangkan oleh Wang Yilu/Huang Dongping.

Pemenang tunggal putri BWF World Tour Finals 2018 saat itu dimenangkan oleh wakil India, Pusaria Venkata Shindu. Jepang pun turut andil dalam memenangkan juara BWF World Tour Finals melalui sektor ganda putri lewat wakilnya, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Pebulu tangkis tunggal putra peringkat satu dunia, Kento Momota, juga berhasil memenangkan turnamen tersebut pada 2019 yang diselenggarakan di lokasi yang sama. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil mengharumkan nama Indonesia di sektor ganda putra.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1098 seconds [13]