logo
Fighting | Detail

Daftar 7 Petinju Indonesia yang Pernah Jadi Juara Dunia: Nomor 1 Banjir Prestasi!

Okta Novanto
Kamis, 15 September 2022, 14:00 WIB
Daftar 7 Petinju Indonesia yang Pernah Jadi Juara Dunia: Nomor 1 Banjir Prestasi!
Chris John menjadi salah satu petinju Indonesia yang pernah merasakan juara dunia. (Foto: Instagram @chrisjohnindonesia)

JAKARTA - Setidaknya ada 7 petinju Indonesia yang pernah jadi juara dunia tentu menjadi legenda yang akan terus dikenang masyarakat Tanah Air. Bagaimana tidak, terakhir Indonesia memiliki sabuk juara dunia pada 2013. Hal tersebut membuktikan bahwa begitu sulitnya untuk dapat juara dunia.

Tinju merupakan olahraga pertarungan yang mengandalkan kekuatan tangan. Olahraga ini sangat menguras tenaga karena sangat intens secara fisik dan mental. Tak heran jika petinju Indonesia yang mampu juara dunia akan dikenang bahkan hingga mereka telah tiada.

Siapa sajakah petinju Indonesia yang pernah jadi juara dunia? Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Petinju Indonesia yang Pernah Jadi Juara dunia

  1. Ellyas Pical

Legenda tinju Indonesia Ellyas Pical (Foto: Instagram)

Ellyas Pical menjadi sosok pembuka harapan bagi petinju Indonesia lainnya. Karena ia merupakan petinju pertama Indonesia yang dapat memenangkan gelar juara dunia kelas bantam junior IBF pada 1985-1987.

Petinju tersebut berhasil juara setelah menang angka atas petinju Korsel, Ju Do-chun, pada 3 Mei 1985 di Jakarta. Elly menang atas Wayne Mulholland (Australia) dalam usahanya mempertahankan gelar.

  1. Nico Thomas

Mantan petinju Nico Thomas (Sumber: Instagram)

Petinju Indonesia selanjutnya yang berhasil menyabet sabuk juara dunia yaitu Nico Thomas. Petinju yang berasal dari Ambon ini memenangkan juara dunia pada kelas terbang mini IBF pada 1989.

  1. Suwito Lagola

Suwito Lagola merupakan petinju Indonesia yang berasal dari Sumatera Utara. Ia berhasil menorehkan gelar juara dunia di kelas welter WBF pada 1995-1997. Sayangnya pada 2000, Suwito memutuskan untuk mundur dari dunia tinju profesional karena merasa kecewa dengan janji-janji sejumlah pihak atas prestasinya sebagai juara dunia.

  1. Ajib Albarado

Ajib Albarado merupakan petinju asal Surabaya yang memiliki nama asli Ahmad Tajid. Ia menjadi juara dunia kelas welter junior WBF 1996-2000. Ajib menang dan merebut gelar juara dunia saat bertarung melawan petinju Filipina, Dindo Canoy.

Petinju tersebut memutuskan untuk tinggal di negara asal istrinya, Jepang, pada 2001. Setelah tinggal dan meneruskan karier tinju di Jepang, namanya berubah menjadi Albarado Nishimaru.

  1. M. Rahman

Muhammad Rahman adalah juara dunia di kelas paling ringan. Ia menguasai gelar juara dunia kelas terbang mini IBF pada 2004-2007 dan 2011. Petinju tersebut berhasil juara setelah mengalahkan petinju asal Kolombia, Daniel Reyes. 

Rahman kehilangan gelar usai kalah dari Florante Condes pada 2007.

  1. Chris John

Chris John (Sumber: Instagram)

Mungkin semua warga Indonesia kenal dengan nama ini. Chris John merupakan petinju yang memiliki julukan The Dragon. Petinju asal Banjarnegara, Jawa Tengah, ini menjadi juara dunia tinju terlama yang pernah dimiliki Indonesia. 

Meski berlatar belakang wushu, namun ia mempertahankan juara dunia kelas bulu WBF selama 10 tahun, yaitu tahun 2003-2013. Pada era tersebut, Chris mempertahankan gelarnya sebanyak 18 kali sebelum akhirnya dikalahkan oleh Simpiwe Vetyeka (Afrika Selatan).

  1. Daud Yordan

Daud Yordan tidak memikirkan bayaran pertamanya saat bertinju (Foto: Instagram/@realdaudyordan)

Daud Yordan merupakan petinju hebat Indonesia yang berhasil juara dunia kelas bulu IBO pada 2012. Petinju berjuluk Cino itu mendapat gelar juara usai TKO petinju Filipina, Lorenzo Villanueva, dalam laga yang digelar di Singapura.

Hebatnya lagi, petinju kebanggan Tanah Air ini pernah memenangkan juara dunia di berbagai kelas di antaranya juara dunia kelas bulu (featherweight) versi IBO (2012-2013), juara dunia kelas ringan (lightweight) versi IBO (2013), dan juara dunia kelas ringan super (super lightweight) versi IBA (2019).

Demikian informasi mengenai petinju Indonesia yang jadi juara dunia, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia sportstars.


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1537 seconds [12]