logo
Tim Nasional | Detail

Daftar 5 Pemain Naturalisasi Tersukses di Timnas Indonesia: No 1 Bawa Skuad Garuda ke Piala Asia 2023

Wikku D. Nugroho
Selasa, 24 Januari 2023, 12:51 WIB
Daftar 5 Pemain Naturalisasi Tersukses di Timnas Indonesia: No 1 Bawa Skuad Garuda ke Piala Asia 2023
Stefano Lilipaly termasuk salah satu pemain naturalisasi tersukses di Timnas Indonesia. (Foto: PSSI).

JAKARTA - Daftar 5 pemain naturalisasi tersukses di Timnas Indonesia menarik untuk diulas kali ini. Sedekade terakhir, PSSI, selaku federasi sepak bola tertinggi di Indonesia gemar menaturalisasikan beberapa pemain keturunan. 

Hal itu dilakukan bukan tanpa sebab. PSSI ingin pemain naturalisasi yang hadir di tubuh Timnas Indonesia dapat menorehkan prestasi. Sejauh ini sudah ada beberapa pemain naturalisasi yang bermain untuk Skuad Merah Putih. 

Ada yang sukses dan adapula yang gagal. Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan mengenai daftar 5 pemain naturalisasi tersukses di Timnas Indonesia yang telah dihimpun dari berbagai sumber; 

Daftar 5 Pemain Naturalisasi Tersukses di Timnas Indonesia

  1. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales mengenakan nomor jersey yang sama dengan Ronaldinho (Foto: Instagram/rans.nusantara)

Daftar 5 pemain naturalisasi tersukses di Timnas Indonesia yang pertama adalah Cristian Gonzales. Pemain berjuluk El Loco atau Si Gila itu resmi merubah statusnya menjadi WNI pada 2010 silam. 

PSSI berani menaturalisasikan Cristian Gonzales sebab beberapa hal. Pemain kelahiran Montevideo, Uruguay, 30 Agustus 1976 silam itu menjadi salah satu bomber haus gol di masanya. 

Cristian Gonzales tercatat pernah menjadi top skor Liga Indonesia sebanyak empat kali. Yakni pada musim 2004, 2005, 2007 dan 2008. Selain itu, di striker bertinggi 1,77 m itu pernah antarkan Persik Kediri menjadi juara Liga Indonesia di musim 2005-2006. 

Pada akhirnya, Cristian Gonzales melakoni debut turnamennya di Timnas Indonesia pada gelara Piala AFF 2010. Tidak disangka, di ajang itu ia berhasil mencetak tiga gol. Serta antarkan Skuad Garuda ke babak final melawan Malaysia. 

Namun sayang, Cristian Gonzales gagal mengantarkan timnas meraih juara di Piala AFF 2010 dan harus puas menjadi runner-up. Sejak saat itu, mantan pemain PSM Makassar itu tidak pernah mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia. 

  1. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly akhirnya dipanggil ke Timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong (Foto: Instagram/@pssi)

Stefano Lilipaly terbilang menjadi salah satu pemain naturalisasi Timnas Indonesia tersukses. Pemain kelahiran Arnhem, Belanda 10 Januari 1990 silam itu menjalani debutnya di Skuad Garuda pada 14 Agustus 2013, tepatnya di laga persahabatan kontra Filipina. 

Setelah itu, Stefano Lilipaly bermain di berbagai ajang seperti Kualifikasi Piala Asia, Piala AFF dan Kualifikasi Piala Dunia zona Asia. Terakhir kali penyerang sayap bertinggi 1,75 m itu berlaga di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 kontra Yordania. 

Selain itu, Stefano Lilipaly juga memiliki karier yang apik di level klub. Ia berhasil antarkan Bali United menjadi kampiun Liga 1 pada musim 2018-2019 dan 2021-2022. 

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1824 seconds [13]