logo
Tim Nasional | Detail

Daftar 5 Pelatih yang Pernah Berpengaruh Bagi Timnas Indonesia: No 2 Punya Torehan Mentereng

Wikku D. Nugroho
Kamis, 19 Januari 2023, 12:05 WIB
Daftar 5 Pelatih yang Pernah Berpengaruh Bagi Timnas Indonesia: No 2 Punya Torehan Mentereng
Shin Tae-yong termasuk salah satu pelatih yang pernah berpengaruh bagi Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777).

JAKARTA - Daftar 5 pelatih yang pernah berpengaruh bagi Timnas Indonesia menarik untuk diulas kali ini. Pelatih menjadi salah satu pihak yang berperan dalam kesuksesan timas sepak bola di suatu negara. 

Hal itu senada dengan para pelatih yang pernah menukangi Timnas Indonesia. Tidak hanya bertugas meracik strategi, para pelatih juga diharapkan mampu membentuk mental para pemain serta mengantarkan gelar juara untuk Skuad Merah Putih. 

Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap mengenai daftar 5 pelatih yang pernah berpengaruh bagi Timnas Indonesia; 

Daftar 5 Pelatih yang Pernah Berpengaruh Bagi Timnas Indonesia

  1. Alfred Riedl

Alfred Riedl tiga kali membawa Timnas Indonesia menang atas Malaysia (Foto: PSSI)

Daftar 5 pelatih yang pernah berpengaruh bagi Timnas Indonesia diawali dari nama Alfred Riedl. Juru taktik asal Austria itu pernah menukangi Skuad Garuda selama tiga periode yakni pada 2010-2011, 2013-2014 dan 2016. 

Alfred Riedl resmi diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 4 Mei 2010. Di bawah asuhannya, skuad Garuda mampu meraih dua kali runner-up di Piala AFF 2010 dan 2016. 

Penampilan terbaik ditunjukkan Bambang Pamungkas cs pada Piala AFF 2010. Namun pada akhirnya mereka harus kalah dari Malaysia di babak final dengan skor agregat 2-4. 

Setelah tidak lagi melatih Timnas Indonesia, pria yang menghembuskan nafas terakhirnya pada 8 September 2020 itu sempat melatih PSM Makassar selama setengah musim. 

  1. Ivan Kolev

Ivan Kolev pernah mengalahkan Timnas Malaysia di ajang Piala AFF 2002 (Foto: Istimewa)

Ivan Kolev menjadi salah satu pelatih yang berpengaruh bagi Timnas Indonesia selanjutnya. Para pecinta Timnas Indonesia di era 2000 an pasti mengenal pelatih berpaspor Bulgaria satu ini. 

Ivan Kolev pernah menukangi Hendro Kartiko cs pada 2001 hingga 2003. Di kala itu, ia ditargetkan untuk menjuarai Piala Tiger 2002. Namun sayang, Timnas Indonesia harus puas menjadi runner-up usai kalah lewat adu penalti kontra Thailand di babak final. 

Mantan juru taktik Persija Jakarta itu pernah memimpin Timnas Indonesia berlaga di ajang Piala Asia 2004. Kala itu, mereka harus gagal lolos dari babak fase grup. Lantaran kalah saing dengan negara lainnya seperti Cina, Bahrain dan Qatar. 

Ivan Kolev kembali menukangi Timnas Indonesia pada 2007. Aksi comebacknya itu justru tidak mampu mempersembahkan gelar juara untuk Skuad Garuda. Bahkan mereka harus kembali gagal lolos dari babak fase grup di Piala Asia 2007. 

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1841 seconds [12]