logo
Hobi | Detail

Daftar 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Senam Lantai, Sangat Penting!

Wikku D. Nugroho
Selasa, 10 Januari 2023, 18:15 WIB
Daftar 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Senam Lantai, Sangat Penting!
Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Senam Lantai. (Foto: REUTERS).

JAKARTA- Daftar 5 hal yang perlu diperhatikan saat senam lantai menarik untuk diulas kali ini. Senam lantai merupakan salah satu olahraga yang kini digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. 

Olahraga satu ini dilakukan di atas lantai beralaskan matras. Tentu saja olahraga senam lantai ini sudah dikenalkan sedari sekolah dasar. Namun pada saat itu, mungkin guru tidak memberikan penjelasan penuh perihal senam lantai. 

Bagi kamu yang berniat ingin melakukan olahraga senam lantai dan baru ingin mencobanya, tidak ada salahnya untuk menyaksikan ulasan daftar 5 hal yang perlu diperhatikan saat senam lantai yang telah dilansir dari buku bentuk-bentuk gerakan senam karangan Dr. Sapto Adi, M.Kes. 

Daftar 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Senam Lantai

  1. Warming Up Sebelum Memulai Senam Lantai 

Pemain AC Milan pemanasan (Reuters)

Warming up atau pemanasan merupakan suatu hal yang penting dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga apapun. Dengan melakukan gerakan pemanasan, membuat tubuh menjadi siap untuk melakukan gerakan-gerakan olahraga dari skala ringan hingga berat. 

Gerakan pemanasan yang dilakukan pada umumnya yakni gerakan dari semua anggota tubuh seperti kepala, tangan, pinggul hingga kaki. Guna mendapatkan gerakan pemanasan yang maksimal lakukanlah setiap gerakan dengan sebaik-baiknya. 

  1. Lakukan Gerakan yang Paling Mudah Hingga Sukar

Salah satu cara guling depan dan guling belakang dalam senam lantai. (Foto: medibank)

Sebagai pesenam pemula, tidak ada salahnya untuk melakukan gerakan senam dari yang termudah. Pasalnya tubuh membutuhkan adaptasi atau menyesuaikan diri terhadap setiap gerakan-gerakan senam lantai. 

Beberapa gerakan mudah untuk pesenam pemula. Antara lain, guling depan, guling belakang, meroda dan lompat harimau. Jika sudah menguasai setiap gerakan mudah, maka kamu bisa melanjutkan gerakan senam yang lebih sukar. 

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1807 seconds [12]