logo
Tim Nasional | Detail

Daftar 4 Pemain Keturunan yang Sedang Jalani Proses Naturalisasi: Shayne Pattynama Terbaru

Wikku D. Nugroho
Jum'at, 20 Januari 2023, 18:03 WIB
Daftar 4 Pemain Keturunan yang Sedang Jalani Proses Naturalisasi: Shayne Pattynama Terbaru
Beberapa pemain keturunan kini sedang jalani proses naturalisasi demi meraih gelar juara (Foto: Instagram/@jordiamat5).

JAKARTA - Daftar 4 pemain keturunan yang sedang jalani proses naturalisasi menarik untuk diulas kali ini. PSSI di masa kepemimpinan Mochamad Iriawan sedang gencar-gencarnya melakukan proses naturalisasi terhadap beberapa pemain keturunan. 

Hal itu dilakukan bukan tanpa sebab. Dengan kehadiran pemain naturalisasi diharapkan Timnas Indonesia dapat mempersembahkan gelar juara. Seperti di Piala AFF, Piala Asia maupun kompetisi lainnya. 

Sejauh ini, PSSI telah menaturalisasi beberapa pemain seperti Marc Klok, Elkan Baggott, Jordi Amat dan Sandy Walsh. Elkan Baggott menjadi pemain pertama yang dinaturalisasikan oleh PSSI pada 2021 lalu. 

Pemain yang pernah memperkuat klub Divisi Championship, Gillingham FC itu pun telah tampil bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Hasilnya, Elkan Baggott dan Skuad Merah Putih berakhir menjadi runner-up usai kalah dari Thailand di laga final. 

Shayne Pattynama

Pemain Keturunan yang Sedang Jalani Proses Naturalisasi

Marc Klok menjadi pemain kedua yang dinaturalisasi oleh PSSI di bawah kepemimpinan Iwan Bule atau Mochamad Iriawan. Pemain yang lahir di Amsterdam itu menjalani laga debutnya di Timnas Indonesia kala melawan Bangladesh di laga bertajuk persahabatan pada Juni 2022. 

Selain itu, pemain yang kini membela Persib Bandung itu juga mampu mempersembahkan medali perunggu di ajang SEA Games 2021. Medali perunggu itu didapatkan usai skuad asuhan Shin Tae-yong berhasil menaklukan Malaysia di laga perebutan juara ketiga melalui babak adu penalti. 

Jordi Amat menjadi pemain naturalisasi yang akhir-akhir ini memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022. Bahkan bek bertinggi 1,94 m itu bermain penuh selama 90 menit di empat laga yakni kala melawan Kamboja, Thailand, Vietnam di leg pertama dan kedua. 

Di ajang itu, Jordi Amat kerap diduetkan dengan kapten Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto di sektor pertahanan. Kehadiran pemain kelahiran Barcelona itu di lini tengah membuat Timnas Indonesia hanya kebobolan sebanyak lima kali. 

Namun sayangnya, Sandy Walsh tampaknya harus bersabar menjalani laga debutnya bersama Skuad Garuda. Pasalnya bek bertinggi 1,85 itu tidak diperbolehkan timnya, KV Machelen untuk memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022. 

Seperti diketahui, klub yang kini berlaga di kasta tertinggi Liga Belgia itu menganggap jika klub berhak tidak melepas pemainnya berlaga di ajang sepak bola yang tidak masuk dalam kalender FIFA. 

Beberapa sumber menyebutkan, satu pemain lagi yang segera resmi menjadi WNI adalah Shayne Pattynama. Pemain Viking FC itu akan menjalani sumpah sebagai seorang WNI pada Selasa, 24 Januari 2023 mendatang. 

Demikian ulasan mengenai daftar 4 pemain keturunan yang sedang jalani proses naturalisasi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada. 

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1859 seconds [12]