logo
Tim Nasional | Detail

Daftar 3 Keuntungan Timnas Indonesia Jika Piala AFF Masuk Kalender FIFA: Kesempatan Kerek Peringkat FIFA

Wikku D. Nugroho
Jum'at, 20 Januari 2023, 14:47 WIB
Daftar 3 Keuntungan Timnas Indonesia Jika Piala AFF Masuk Kalender FIFA: Kesempatan Kerek Peringkat FIFA
Daftar 3 Keuntungan Timnas Indonesia Jika Piala AFF Masuk Kalender FIFA. (Foto: PSSI).

JAKARTA - Keuntungan Timnas Indonesia jika Piala AFF masuk kalender FIFA menarik untuk diulas kali ini. Beberapa waktu lalu Presiden FIFA, Gianni Infantino hadir dalam penyerahan trofi Piala AFF 2022 di Thammasat Stadium, Thailand. 

Tidak hanya itu, pria yang sudah menjabat sebagai Presiden FIFA sejak 2016 silam itu, mengeluarkan pernyataan unik. Menurutnya, Piala AFF memiliki potensi yang sangat luar biasa. 

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya penonton yang hadir dalam stadion. Di sisi lain, persaingan para tim yang berlaga di Piala AFF pun menjadi bumbu menarik sendiri di persepakbolaan Asia Tenggara. 

“Piala AFF harus ditingkatkan menjadi turnamen FIFA days. Kami harus memastikan bahwa liga ini semakin berkembang. Saya yakin jika kita bekerja sama, Piala AFF akan menjadi semakin besar dengan persetujuan FIFA," kata Gianni Infantino.

"Turnamen ini dianggap sebagai acara penting bagi kawasan ini. Dengan populasi lebih dari 650 juta orang, masyarakat di kawasan ini semuanya sangat menyukai sepak bola," tambah pria berpaspor Swiss tersebut.

Beberapa keuntungan pun akan didapatkan Indonesia jika Piala AFF masuk dalam kalender FIFA. Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap mengenai keuntungan Timnas Indonesia jika Piala AFF masuk kalender FIFA;

Pemain Timnas Indonesia berkumpul seusai pertandingan Piala AFF 2022 (Foto: MPI/Astra Bonardo)

Daftar 3 Keuntungan Timnas Indonesia Jika Piala AFF Masuk Kalender FIFA

  1. Mudah Panggil Pemain yang Bermain di Luar Negeri

Salah satu keuntungan jika Piala AFF masuk kalender FIFA adalah para pelatih mudah memanggil pemain yang bermain di luar negeri. Seperti diketahui, Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 tidak diperkuat oleh pemain naturalisasi mereka, Elkan Baggott. 

Pasalnya, klub yang menaungi bek berusia 20 tahun itu, Gillingham FC tidak memperbolehkan pemainnya bermain di ajang sepak bola bergengsi se-Asia Tenggara tersebut. 

Klub Divisi Championship atau kasta kedua Liga Inggris itu sendiri membutuhkan kekuatan Elkan Baggott. Karena saat itu, Gillingham FC dapat melenggang ke putaran kedua FA Cup 2022-2023. 

Hal itu juga dialami oleh pemain yang baru saja dinaturalisasi, Sandy Walsh. KV Mechelen, klub yang dibela oleh pemain berusia 27 tahun itu diketahui tidak mengizinkan pemainnya itu memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. 

Kedua klub itu menjadi klub kesekian yang keberatan pemainnya membela timnas di ajang tersebut. Lantaran Piala AFF tidak masuk dalam kalender FIFA. Serta klub berhak untuk memagari para pemainnya. 

  1. Peluang Perbaiki Peringkat FIFA 

Jika Piala AFF masuk dalam kalender FIFA terealisasi, hal itu membuat Timnas Indonesia memiliki peluang untuk memperbaiki peringkat mereka di Peringkat FIFA. 

Skuad Garuda akan mendapatkan poin tambahan di ranking FIFA apabila mereka sukses memenangkan setiap laga di Piala AFF. Pada edisi 2022 lalu, Timnas Indonesia mampu menang atas para lawannya seperti Kamboja, Brunei dan Filipina. 

Untuk saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat 151. Skuad asuhan Shin Tae-yong itu terakhir kali naik peringkat usai menjalani laga FIFA Matchday kontra Curacao September 2022 lalu. 

  1. Jadwal Laga Internasional Menjadi Sinkron

Jadwal laga internasional menjadi sinkron jika Piala AFF masuk dalam kalender FIFA. Perlu diketahui, terselanggaranya Piala AFF membuat jadwal liga sepak bola di negara kawasan Asia Tenggara bertabrakan. 

Namun hal itu tidak akan terjadi lagi sebab operator kompetisi liga sepak bola akan dapat dengan mudah mengatur jadwal pertandingan. Serta hal itu membuat liga sepak bola dapat selesai tepat waktu.  

Demikian ulasan mengenai daftar 3 keuntungan Timnas Indonesia jika Piala AFF masuk kalender FIFA. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada. 

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1986 seconds [13]