logo
Ragam Lainnya | Detail

Contoh Kombinasi Gerak Lokomotor dalam Tenis Meja

Wikku D. Nugroho
Rabu, 28 September 2022, 17:30 WIB
Contoh Kombinasi Gerak Lokomotor dalam Tenis Meja
Contoh Kombinasi Gerak Lokomotor dalam Tenis Meja. (Foto: freepik).

JAKARTA- Contoh kombinasi gerak lokomotor dalam tenis meja menarik untuk diketahui. Tenis meja menjadi salah satu olahraga bola kecil yang digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. 

Tenis meja merupakan olahraga yang menggunakan media meja dengan net kecil, bet atau pemukul dan bola ping pong berwarna kuning dan putih. Olahraga ini dapat dimainkan secara tunggal maupun beregu.

Tujuan dari bermain tenis meja adalah mencetak poin sebanyak mungkin guna meraih kemenangan. Sama seperti olahraga lainnya, dalam tenis meja juga terdapat gerak lokomotor.

Sebagai informasi, gerak lokomotor merupakan gerakan berpindah tempat yang diikuti oleh semua bagian tubuh, contohnya berlari, berjalan dan melompat.

Beberapa bagian tubuh turut berperan dalam gerakan lokomotor antara lain, sistem osteoartikuler, sendi, tulang dan ligamen. Berikut ini Sportstars.id mengenai contoh kombinasi gerak lokomotor dalam tenis meja;

 

Tatok Hardianto persembahkan medali emas ASEAN Para Games 2022 dari para tenis meja untuk Indonesia (FOTO: INASPOC)

Contoh Kombinasi Gerak Lokomotor dalam Tenis Meja

Dalam tenis meja terdapat beberapa gerakan lokomotor antara lain, berlari untuk mengejar bola ke kiri, kanan, dan belakang. Selain itu, berjalan juga dilakukan untuk menerima bola dari pukulan dari lawan. 

Berjalan merupakan gerakan alami vertikal. Dimana polanya ditandai dengan tindakan berulang dan alternatif. Selain itu kaki selalu melakukan kontak dengan tanah sebagai daerah pendaratan.

Sementara berlari merupakan perpanjangan alami dari gerakan berjalan. Saat berlari manusia memindahkan beratnya dari satu kaki ke kaki lainnya. Telapak kaki dijadikan sebagai fokus pijakan. Saat berlari tubuh akan didorong ke udara dan dilakukan secara berulang-ulang.

Demikian ulasan dari Sportstars.id mengenai contoh kombinasi gerak lokomotor dalam tenis meja. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada.  

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1935 seconds [12]