logo
Hobi | Detail

Contoh Kombinasi Gerak Lokomotor dalam Bermain Sepak Bola

Tim Sportstars
Selasa, 26 Juli 2022, 22:11 WIB
Contoh Kombinasi Gerak Lokomotor dalam Bermain Sepak Bola
Menggiring bola seperti yang dilakukan Riko Simanjuntak merupakan contoh kombinasi gerak lokomotor. (FOTO: RCTI+)

CONTOH kombinasi gerak lokomotor bisa dilihat dalam beberapa cabang olahraga, termasuk di sepak bola. Sebab, dalam olahraga sepak bola banyak gerakan akan dihasilkan tubuh melalui teknik teknik yang ada. Gerakan lokomotor adalah gerakan perpindahan tubuh dari satu tempat ke tempat lain. Contohnya berjalan, berlari, melompat dan memanjat. 

Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor antara lain permainan menginjak garis, berjalan mundur ,berlari menyamping, berjalan silang, meloncat kebelakang, melompat dan melewati rintangan. Sementara kombinasi gerak lokomotor pada sepak bola adalah berlari, menendang, atau menyundul bola.

Gerakan gerakan tersebut merupakan hasil kombinasi dari gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif. Lantas, apa arti dari gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif? Sportstars.id telah merangkum pengertian dan contoh kombinasi gerak lokomotor, non lokomotor, hingga manipulatif dalam permainan sepak bola.

Contoh Gerak Non lokomotor

Gerakan non lokomotor adalah gerakan yang tidak menyebabkan perpindahan tubuh dari satu tempat ke tempat lain. Dengan kata lain, gerak non lokomotor gerak yang hanya berdiam diri di tempat. Contoh dari gerak non-lokomotor terdiri dari mengayunkan tangan, berjongkok, membungkuk, melempar, menangkap, dan melempar.

Pengertian throw-in adalah lemparan ke dalam (Foto: FA)

Contoh Gerak Manipulatif

Berbeda dengan yang sebelumnya, gerak manipulatif adalah gerak yang melibatkan seseorang dengan penguasaan benda seperti melempar, menendang, mendorong, memantul, dan sebagainya.  

Contoh Gerak Kombinasi Lokomotor

Dalam permainan sepak bola, gerakan kombinasi lokomotor dan manipulatif akan dengan tidak sengaja tercipta. Karena dalam melakukan sepak bola seseorang harus melibatkan sebuah objek dan harus ada gerakan berpindah tempat agar dapat mencetak gol. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1500 seconds [12]