Ragam Lainnya | Detail

Contoh Gerakan Circuit Training dan Manfaatnya dalam Kebugaran Jasmani

Tim Sportstars
Kamis, 12 Mei 2022, 17:35 WIB
Contoh Gerakan Circuit Training dan Manfaatnya dalam Kebugaran Jasmani
Gerakan Circuit Training yang kini digemari masyarakat

JAKARTA - Dilansir dari laman resmi (APKI) Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia, circuit training adalah latihan yang mengombinasikan latihan aerobik dengan kekuatan. Pada umumnya, circuit training menggunakan konsep HIIT atau High Intensity Interval Training. 

Model gerakan dalam circuit training ini mulai digeluti oleh para penggemar latihan kebugaran jasmani khususnya di kota besar. Pusat kebugaran menjadikan model latihan ini sebagai program membentuk tubuh yang atletis.

Circuit training atau biasa disebut dengan latihan sirkuit ini, merupakan program latihan yang dikembangkan oleh R.E. Morgan  dan G.T. Anderson pada tahun 1953 di University Of Leeds di Inggris. Latihan ini umumnya menjadi gaya latihan militer yang bagus untuk stamina sekaligus atraktif karena posisi yang dibuat berpindah-pindah. 

Lalu bagaimana gerakan serta manfaat dari bentuk latihan fisik yang satu ini? Berikut penjelasan Sportstars.id yang telah dirangkum dari beberapa sumber;

Contoh Gerakan Circuit Training

Gerakan circuit training dikenal karena dilakukan dengan penuh semangat ala militer. Sehingga dengan gerakan yang terlihat sederhana tersebut bisa membakar kalori hingga membentuk tubuh ideal. Adapun contoh gerakan circuit training yang serdehana seperti; push-up, sit-up, squat, chin-up, lunges dan high knees. Meskipun sederhana tapi terbukti efektif dengan pengulangan dan disiplin yang terus dilakukan.

Pola Latihan Circuit dapat dilakukan sebagai berikut, dan bisa terus diulang sesuai yang diperlukan

  • Push-up sebanyak mungkin sesuai kemampuan selama 30 detik, lalu istirahat 30 detik
  • Sit-up sebanyak mungkin sesuai kemampuan selama 30 detik,lalu istirahat 30 detik
  • Squat sebanyak mungkin sesuai kemampuanselama 30 detik,lalu istirahat 30 detik
  • Chin-up sebanyak mungkin sesuai kemampuan selama 30 detik,lalu istirahat 30 detik
  • Lunges sebanyak mungkin sesuai kemampuan selama 30 detik,lalu istirahat 30 detik
  • High knees sebanyak mungkin sesuai kemampuan selama 30 detik,lalu istirahat 30 detik
 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1363 seconds [12]