logo
Hobi | Detail

Contoh Gerak Lokomotor, Non Lokomotor dan Manipulatif

Tim Sportstars
Selasa, 28 Desember 2021, 17:15 WIB
Contoh Gerak Lokomotor, Non Lokomotor dan Manipulatif
Lari termasuk contoh gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif. (Foto: Reuters)

TERDAPAT tiga jenis contoh gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif dalam ilmu olahraga.  Ketiga gerakan tersebut memiliki perbedaan meskipun saling berkaitan. Gerak lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif juga sama sama memiliki fungsi yang baik bagi tubuh. Karena dua gerakan itu mampu meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Gerak Lokomotor

Gerak lokomotor adalah gerakan bagian tubuh tertentu, yang ketika dikerjakan mampu menghasilkan perpindahan tempat. Pada gerakan ini, seseorang diharuskan mampu memindahkan tubuh dari posisi awal ke posisi akhir.

Gerak lokomotor biasanya diajarkan pada anak usia dini karena mampu meningkatkan kesadaran tubuh, kemampuan menentukan arah, serta melatih kelincahan dan ketangkasan. Berikut contoh-contoh gerak lokomotor adalah Berjalan, Berlari, Melompat, Merayap, Rolling, Skipping

Gerak Non Lokomotor

Berbeda dengan gerak lokomotor, gerak non lokomotor adalah gerakan yang ketika dikerjakan tanpa diikuti dengan perpindahan tempat. Sehingga, ketika bagian tubuh tertentu melakukan gerakan, posisi tubuh tetap berada di tempatnya. Gerak non lokomotor berguna untuk mengembangkan kesadaran tentang keberadaan tubuh di dalam ruang, melatih ketepatan melangkah, serta melatih keseimbangan. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1777 seconds [13]