logo
Liga Italia | Detail

Como FC Jadi Jembatan Fabregas Kembali ke Barcelona Sebagai Pelatih

Andhika Khoirul Huda
Jum'at, 16 September 2022, 03:30 WIB
Como FC Jadi Jembatan Fabregas Kembali ke Barcelona Sebagai Pelatih
Pemain baru Como FC. Cesc Fabregas (Instagram)

COMO Cesc Fabregas mengakui bahwa dirinya berniat untuk kembali ke mantan klubnya Barcelona sebagai pelatih. Namun menurutnya, untuk bisa mencapai keinginannya itu, dia harus bisa menunjukkan kompetensinya lebih dahulu.

Fabregas bergabung dengan Como FC 1907 pada musim panas ini setelah kontraknya dengan AS Monaco habis. Dia mengaku merapat ke klub divisi dua Liga Italia itu karena tertarik dengan proyek mereka yang menawarkannya menjadi pemegang saham.

Selain itu, pemain berusia 35 tahun tersebut mengatakan bahwa Como FC siap membantunya mempersiapkan diri untuk menjadi seorang pelatih. Oleh karena itu, dia mengambil tawaran itu karena menjadi pelatih merupakan cita-citanya setelah gantung sepatu nanti.

Jika sudah berprofesi sebagai pelatih, bintang asal Spanyol itu pun tak memungkiri bahwa dirinya ingin melatih Blaugrana –julukan Barcelona, yang merupakan klub masa kecilnya. 

Akan tetapi, menurutnya kemampuannya menjadi entrentador alias pelatih harus lebih dulu teruji agar bisa menghadapi tantangan besar di klub raksasa Catalan itu.

“Tidak dapat disangkal bahwa ketika Anda sangat mencintai Barca, itu adalah mimpi untuk bisa melatih mereka. Tapi Anda harus bekerja keras dan sangat kompeten untuk menghadapi tantangan di sana,” kata Fabregas dilansir dari Football Italia, Kamis (15/9/2022).

Ya, sangat wajar jika Fabregas mencintai Barcelona karena di akademi La Masia-lah bakatnya menguasai si kulit bundar terasah. Dia sudah dipromosikan ke tim Barcelona U-16 pada 2002 lalu saat usianya menginjak 15 tahun.

Akan tetapi, setahun kemudian mantan penggawa Timnas Spanyol itu dijual ke Arsenal. Lalu, setelah tujuh tahun bersama klub asal London Utara itu, dia kembali lagi ke Camp Nou pada Agustus 2011.

Setelah memenangkan satu gelar Liga Spanyol dan Copa Del Rey dalam tiga musimnya dengan Blaugrana, Fabregas menyebrang ke Chelsea hingga akhirnya pergi ke AS Monaco 3,5 musim kemudian. Sayangnya, meski telah memenangkan Piala Dunia 2010, Piala Eropa 2008 dan 2012, Fabregas sama sekali belum mengoleksi gelar juara Liga Champions dalam kariernya. 
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1728 seconds [12]