logo
Hobi | Detail

Coba 5 Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar, Nomor 1 Paling Kencang

Okta Novanto
Kamis, 15 September 2022, 23:25 WIB
Coba 5 Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar, Nomor 1 Paling Kencang
Ikan Cupang yang memiliki segmen pasar cukup besar (Sumber: Instagram).

JAKARTA - Terdapat 5 makanan ikan cupang agar cepat besar yang tentu menjadi informasi menarik. Harus diakui Ikan Cupang (Betta Sp) merupakan jenis ikan hias yang sedang naik daun pada beberapa tahun belakangan ini.

Bahkan ada jenis Ikan Cupang yang harganya fantastis hingga mencapai jutaan seperti Avatar, Blue Rim, HMPK SNI, dan sebagainya. Hal tersebut membuat banyak masyarakat penghobi ikan tertarik untuk membudidayakannya.

Sehingga mereka membutuhkan informasi pakan apa yang dapat mempercepat pertumbuhan Ikan Cupang. Apa sajakah makanan Ikan Cupang agar cepat besar? Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Ikan Cupang (Sumber: Instagram)

Daftar Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

  1. Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk merupakan makanan ikan cupang berupa larva nyamuk atau dalam daerah lain disebut sebagai encu atau uget. Makanan ini cocok untuk mempercepat pertumbuhan ikan cupang karena memiliki gizi yang tinggi.

Adapun kandungan dari jentik nyamuk yaitu protein sebesar 13-15%, lemak sekitar 7-8%, dan serat sekitar 3-4%. Tetapi perlu diperhatikan apabila mengambil jentik nyamuk dari selokan, pastikan sudah dibersihkan dahulu dan diendapkan sehari dengan obat biru (Blitz Icht).

  1. Kutu Air

Kutu air menjadi salah satu makan favorit ikan cupang, hampir tidak ada ikan cupang yang tidak menyukai jenis pakan ini. Kutu air memiliki warna merah dan keberadaanya dapat dicari pada genangan empang yang arusnya tenang.

Kandungannya antara lain protein sekitar 20 – 50%, karbohidrat sekitar 0,6 – 0,9%, dan lemak sekitar 0,5 – 0,7%. Proteinnya yang tinggi tersebut juga kerap dimanfaatkan oleh penghobi untuk menaikan warna ikan cupang.

  1. Cacing Darah (Bloodworm)

Cacing darah merupakan makanan ikan cupang yang sejenis dengan jentik nyamuk hanya saja pakan ini adalah larva dari nyamuk buah. Cacing darah memiliki gizi yang kompleks sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ikan cupang. Selain  itu, pakan ini bisa dimasukan ke dalam freezer agar tahan lama karena jika dibiarkan hidup tak lama kemudian akan menjadi nyamuk.

  1. Infusoria

Infusoria merupakan pakan ikan cupang yang masuk ke dalam keluarga plankton. Ia memiliki ragam antara lain Ciliates, Euglenoids, Protozoa, hingga Invertebrata kecil.

Makanan ini bisa diberikan pada anakan cupang hingga usia 1 bulan karena bentuknya yang sangat kecil. Infusoria bermanfaat untuk pertumbuhan burayak ikan cupang.

  1. Cacing Sutra

Cacing sutra berada di urutan pertama dalam daftar ini. Pakan ikan cupang ini dapat ditemui di aliran selokan yang jernih. Pakan cupang ini dibanderol rata-rata Rp10 ribu per gelasnya.

Makanan ikan ini akan membesarkan ikan cupang dengan cepat karena memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi yaitu 12%-13,3%, dan kandungan lain yang cukup tinggi yaitu protein sekitar 40-50% dan serat sekitar 2-2,5%.

Sebagai informasi tambahan, menurut penuturan penggiat Ikan Cupang dari Purbalingga yang bernama Okta Novanto sebagai Owner Cupangisme Purbalingga. Terdapat faktor selain pakan yang akan menunjang ikan cupang menjadi cepat besar yaitu dengan rajin mengurasnya yaitu 3 hari sekali.

Menurut pengalamannya, keragaman makanan ikan cupang juga penting karena memiliki peran yang berbeda-beda. Seperti jentik nyamuk untuk memperkuat tulang, kutu air untuk mempercepat pertumbuhan membran dan menguatkan warna. Sedangkan cacing sutra untuk menebalkan tubuh ikan cupang.

Demikian informasi mengenai makanan ikan cupang agar cepat besar, semoga dan bermanfaat bagi pembaca semua.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1653 seconds [13]