Tim Nasional | Detail

China Mundur Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, PSSI Belum Tertarik Menggantikan

Hadi Febriansyah
Sabtu, 14 Mei 2022, 21:50 WIB
China Mundur Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, PSSI Belum Tertarik Menggantikan
China resmi dipastikan batal menjadi tuan ruamh Piala Asia 2023.

JAKARTA - China dipastikan telah resmi mengundurkan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Menanggapi hal tersebut, PSSI masih belum tertarik untuk menggantikan China menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Pembatalan menjadi tuan rumah ini lantaran pandemi Covid-19 yang kembali meroket di Negeri Tirai Bambu, membuat turnamen tersebut dinilai tidak aman digelar di sana.

Sebelumnya, kepastian China menjadi tuan rumah didapat melalui Kongres Luar Biasa AFC di Paris pada Juni 2019 silam. Namun, kali ini keputusan tersebut dibatalkan karena alasan keselamatan para atlet dan ofisial. 

Sejauh ini AFC masih belum menentukan siapa negara pengganti dari China. Melihat hal tersebut, Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengatakan PSSI masih konsentrasi untuk even lain yang sedang digarap.

"Iya, baru dengar dari media saol batalnya China menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Kalau untuk pengganti biasanya AFC segera merilis dan menyampaikan ke federasi terkait dengan hal tersebut," kata Yunus Nusi kepada sportstar.id.

"Seluruh kewenangan untuk masalah ini ada di Exco PSSI. Sekarang PSSI masih konsentrasi untuk persiapan pra kualifikasin Piala Asia U-20 dan U-17. Selain itu juga ada Piala AFF U-19 dan U-16," tambah Yunus Nusi.

Piala Asia 2023 diikuti 24 tim. Sejatinya, 10 kota di China disiapkan sebagai venue tempat berlangsungnya kejuaraan sepak bola antarnegara Asia tersebut. 

Namun, pandemi Covid-19 yang melonjak dalam beberapa waktu terakhir membuat nasib China sebagai tuan rumah semakin mengkhawatirkan. AFC kemudian secara resmi mengumumkan negera yang dipimpin Presiden Xi Jinping itu batal menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Editor : Hadi Febriansyah

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1424 seconds [13]