Liga Champions | Detail

Chelsea vs Man City, Belum Ada Debutan Juara Liga Champions dalam 20 Tahun Terakhir

Maruf
Minggu, 30 Mei 2021, 01:55 WIB
Chelsea vs Man City, Belum Ada Debutan Juara Liga Champions dalam 20 Tahun Terakhir
Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan berbincang dengan Pep Guardiola (Foto: Manchester City)

PORTO - Manchester City (Man City) bisa jadi lebih diunggulkan saat final Liga Champions melawan Chelsea di Stadion Stadion Dragao, Minggu (30/5) dini hari. Tapi ada fakta menarik, dalam 20 tahun terakhir, debutan finalis Liga Champions belum pernah yang menjadi juara.  

Man City memang sedang naik daun dengan keberhasilan mereka menjadi juara di Liga Inggris dan Piala Liga. Pasukan Pep Guardiola sedang memburu gelar perdana di ajang Liga Champions sepanjang sejarah mereka. 

Sejak diambil alih pengusaha Abu Dhabi, Man City sudah mendapatkan semua gelar domestik. Mulai dari Liga Inggris, Piala FA, Piala Liga sampai Community Shield. Tapi, di Liga Champions, final tahun ini adalah pencapain tertinggi mereka. 

Masalahnya, final melawan Chelsea tidak mudah. Selain dalam dua pertemuan terahir di Liga Primer dan Piala FA, The Citizens kalah dari tim Chelsea Thomas Tuchel, mereka dihadapkan pada catatan bahwa sejak 2000 tim debutan selalu gigit jari di partai final. 

Terakhir adalah Paris Saint Germain (PSG) yang menyerah 0-1 dari Bayern Muenchen. Sebelumnya, di musim 2019/2020, tim Inggris Tottenham Hotspurs juga takluk pada laga final melawan Liverpool. Ada juga Chelsea di musim 2008, Arsenal (2006), Monaco (2004), Bayern Leverkusen (2004) dan Valencia (2000). 

Tapi pemain Man City Raheem Sterling mengatakan satu-satunya yang dapat menghentikan mereka adalah diri sendiri. "Pertandingan ini saya perkirakan akan berjalan sulit, tetapi pada saat yang sama saya berharap kami bisa melewatinya,” ujar Sterling, Sabtu (29/5/2021).

Dia mengakui, Chelsea tim kuat yang memiliki banyak pemain kuat secara fisik. "Kami telah melawan mereka dua kali dan kalah dua kali, tetapi ini adalah final Liga Champions, segalanya jauh berbeda,” tandasnya. 

Editor : Abdul Haris

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2828 seconds [12]