Balap Lainnya | Detail

Cerita Miris Pembalap Indonesia di Kancah Internasional, Dicuekin Negara Sendiri!

Wikanto Arungbudoyo
Kamis, 27 Januari 2022, 02:36 WIB
Cerita Miris Pembalap Indonesia di Kancah Internasional, <i>Dicuekin</i> Negara Sendiri!
Emmanuelle Amandio harus berjuang keras demi menembus ajang internasional (Foto: Instagram/@emmanuelle_amandio)

JAKARTA – Youtuber Jerome Polin memicu perdebatan gara-gara cuitan di Twitter soal ada atau tidaknya pembalap Indonesia di kancah internasional. Terselip cerita miris dari Drifter Emmanuelle Amandio yang ternyata dicuekin oleh bangsanya sendiri. 

Jagat media sosial heboh gara-gara pertanyaan Jerome yang terkesan merendahkan kiprah pembalap-pembalap Indonesia di kancah internasional. Dia seakan tidak tahu kalau ada belasan nama yang pernah membawa Merah Putih ke lintasan balap. 

Salah satunya adalah Emmanuelle Amandio di ajang drifting. Lewat Instagram @emmanuelle_emandio, dia mengeluhkan minimnya dukungan dari sponsor Tanah Air. Emmanuelle bahkan harus berjuang sendirian demi menembus berbagai kejuaraan drifting. 

“Mau cerita sedikit. Lihat foto ini pasti pada tidak menyangka kalau Indonesia di drifting, sudah sampai ke D1GP Jepang, China, Rusia, Amerika Serikat, dan terakhir masuk Seri Drifting Rusia (RDS),” tulis Emmanuelle, Kamis (27/1/2022).

“Gila kalau dipikir-pikir banyak banget ternyata Indonesia sudah sampai event-event drifting kelas dunia dan tidak hanya ambil bagian, tetapi juga unjuk gigi,” lanjut sang pembalap. 

Perlu diakui, ajang balapan memang membutuhkan biaya yang besar. Emmanuelle Amandio mengaku bukan berasal dari keluarga berada. Dari situ-lah, dia menceritakan bagaimana perjuangan keras dimulai, sekaligus sedikit mengeluh. 

Emmanuelle Amandio sudah memohon bantuan dari BUMN dan perusahaan swasta tapi tidak mendapat respons bagus (Foto: Instagram/@emmanuelle_amandio)
Emmanuelle Amandio sudah memohon bantuan dari BUMN dan perusahaan swasta tapi tidak mendapat respons bagus (Foto: Instagram/@emmanuelle_amandio)

“Pasti banyak yang berpikir, ‘Wah enak ya dibayarin, enak ya balap di sana pasti duitnya banyak dari sponsor, ah pasti keluarga orang kaya.’ Nih gue buka beberapa fakta,” katanya. 

“Semua diawali dengan modal manajemen keuangan yang tepat dan bisa adaptasi di setiap negara. Dan pastinya harus bisa Bahasa Inggris karena kita butuh komunikasi ke seluruh dunia,” imbuh Amandio. 

“Waktu itu, gue sama tim internal sebelum ke USA sampai D1GP, udah sounding ke beberapa sponsor swasta sampai BUMN. Jujur, yang tampak malah banyak dari swasta dan proposal ke BUMN banyak ditolak karena mungkin drifting bukan balapan besar,” ujarnya. 

Beruntung, Amandio tak berkecil hati. Dia justru mampu mencetak sejarah dengan menjadi orang luar Jepang pertama yang menapaki podium pada D1GP. 

Sejarah manis itu dicatat oleh orang Indonesia! Sedihnya, Emmanuelle Amandio tetap tak mendapat dukungan alias dicuekin

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1412 seconds [13]