Basket | Detail

Cerita Air Jordan: Dulu Dilarang NBA, Kini Bernilai Miliaran

Andhika Khoirul Huda
Senin, 06 September 2021, 14:39 WIB
Cerita Air Jordan: Dulu Dilarang NBA, Kini Bernilai Miliaran
Michael Jordan dengan sepatu Air Jordan 1 yang dirilis tahun 1984 (Foto: Istimewa)

NEW YORK – Air Jordan adalah salah satu sepatu yang sangat legendaris di dunia. Pasalnya, sepatu itu sudah ada sejak 1984 dan masih banyak dipakai hingga saat ini. Namun, pada awalnya sepatu Michael Jordan itu mendapat larangan dari liga basket Amerika Serikat alias NBA.

Dilansir dari The Sun, pada Senin (6/9/2021), cerita bermula pada 1984, saat Jordan berseragam Chichago Bulls. Legenda basket itu awalnya ingin menjalin kerjasama dengan Adidas atau Converse. Tapi, sang ibu membujuknya untuk bernegosiasi dengan Nike.

Akhirnya, Jordan pun menuruti kemauan ibunya dan menjalin kerjasama dengan merek asal Amerika Serikat itu yang dulu belum memiliki nilai tinggi. Setelah itu, terbitlah sepatu bernama Air Jordan I yang kata-kata ‘Air’-nya muncul dari kehebatan Jordan untuk loncat tinggi di udara.

Cerita berlanjut ke promosi penjualan Nike yang membuat Jordan tidak terpikat. Kepala Perancang mereka saat itu, Peter Moore, dikatakan telah menunjukkan sketsa ke legenda NBA itu untuk desain Air Jordan I, baju olahraga, dan pakaian olahraga lainnya yang semuanya dibuat dengan warna hitam dan merah.

Saat Jordan melihat warna tersebut, dia menolak untuk bekerja sama. Menurutnya, warna hitam dan merah adalah warna iblis sehingga dia tidak mau memakainya.

Akan tetapi, setelah melewati negosiasi panjang Jordan menandatangani kontrak lima tahun senilai 2,7 juta dolar AS atau senilai Rp38,4 miliar. Selain itu, dia juga mendapat royalti dari penjualan perlengkapan olahraga tersebut.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2064 seconds [12]