Ragam Lainnya | Detail

Peraturan Perenang Gaya Punggung Yang Perlu Diketahui

Sulthan Muafa
Jum'at, 17 Juni 2022, 01:27 WIB
Peraturan Perenang Gaya Punggung Yang Perlu Diketahui
Perenang gaya punggung wajib mengetahui aturan main saat berenang dengan gaya tersebut. (Foto: Youtube Wicaksono Satrio)

JAKARTA-Peraturan perenang dari jenis gaya punggung menjadi pembahasan menarik untuk dibahas. Pasalnya hal ini membuat penikmat renang jadi paham betul mengenai ketentuan olahraga air yang satu ini.

Renang gaya punggung atau Back Stroke adalah gaya berenang dengan posisi punggung menghadap ke air atau posisi tubuh telentang. Perenang harus dapat mengapung di atas air, menggunakan punggung. Renang gaya punggung ini berbeda dengan gaya renang lainnya.

Sebelum melakukan aksi gaya punggung di beberapa laga renang. Alangkah baiknya ada sederet peraturan yang harus paham dan dijalankan dengan baik. 

Peraturan Perenang Gaya Punggung

Berikut peraturan perenang gaya punggung yang harus diperhatikan antara lain:

1. Tidak diperbolehkan berdiri di atas atau di dalam parit (gutter) atau menekuk jari di atas bibir parit. Setelah pembalikan, perenang harus melakukan tolakan dan berenang dengan punggungnya sepanjang lomba, kecuali saat melakukan pembalikan. 

2. Mulai dari garis awal hingga di bagian akhir perenang tidak serta merta memakai gaya lain, harus sesuai ketentuan yang berlaku yaitu menggunakan gaya punggung 

3. Selanjutnya saat berenang lalu sampai ke bagian ujung kolam, perenang seharusnya memegang atau menyentuh di dinding kolamnya.

4. Terakhir perenang jangan terlalu keasikan berada di dalam air. Mereka pun sepatutnya harus sering muncul ke permukaan air. Kecuali jika kategori dari kompetisi tersebut yang tidak diperkenankan ke arah permukaan air

Berikut peraturan perenang dari gaya berjenis punggung. Semoga rangkuman ini bermanfaat bagi para pembaca
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1458 seconds [13]