logo
Liga Champions | Detail

Cek 6 Raja Assist Terbaik Sepanjang Sejarah Liga Champions: Nomor 1 Jawara Liga Champions!

Okta Novanto
Jum'at, 09 September 2022, 14:45 WIB
Cek 6 Raja Assist Terbaik Sepanjang Sejarah Liga Champions: Nomor 1 Jawara Liga Champions!
Xavi Hernandez salah satu penguasa lapangan tengah yang meraih juara Liga Champions (Foto: REUTERS).

JAKARTA - Setidaknya ada 6 raja assist terbaik sepanjang sejarah Liga Champions yang selalu jadi idola penggemar sepak bola seluruh dunia. Assist dalam sepak bola merupakan umpan terakhir yang dikonversi sebagai gol dengan sekali sentuh baik dengan tendangan atau sundulan.

Pada sebuah pertandingan sepak bola kerap mempertontonkan seorang pemain yang berlari dan menggocek lawan dengan indah namun setelahnya justru diumpan kepada yang lebih baik sudut tembakannya.

Hal tersebut membuat pemain yang memberikan assist sangat disegani karena usahanya relatif lebih banyak dibanding sang pencetak gol. Maka dari itu, nama pemberi assist turut diabadikan dalam arsip sepak bola dalam hal ini Liga Champions.

Siapa sajakah raja assist terbaik sepanjang sejarah Liga Champions? Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Daftar Raja Assist Terbaik Sepanjang Sejarah Liga Champions

  1. Neymar

Neymar Pauleta

Neymar merupakan pemain asal Brasil yang berhasil bersinar di Barcelona. Hebatnya, ia kemudian menjadi pemain termahal dunia saat berlabuh ke PSG pada 2017. Dalam gelaran akbar klub Eropa, Neymar memiliki torehan manis. Ia berhasil menjuarai Liga Champions bersama Barcelona pada musim 2014/15.

Hingga saat ini Neymar telah tampil dalam 74 laga Liga Champions dengan mencatatkan 29 assist dan 41 gol. Kemungkinan untuk bertambah terbuka lebar karena musim 2022 dirinya diandalkan oleh PSG dalam Liga Champions.

  1. Xavi Hernandez

Xavi Hernandez Akhirnya Resmi Tinggalkan Klub Al Sadd, Intip foto-foto aksi Xavi saat beraksi di Lap

Xavi Hernandez merupakan pesepak bola berkebangsaan Spanyol yang menjadi legenda Barcelona. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Barca sebelum pensiun di Al Sadd.

Xavi menjadi sala satu pemain yang sangat sukses di Liga Champions. Pasalnya, dia pernah mengangkat trofi Si Kuping Besar sebanyak empat kali bersama Barcelona.

Torehannya dalam ajang akbar ini, Xavi telah melakoni 157 pertandingan dengan mencatatkan 30 assist dan 12 gol.

  1. Ryan Giggs

Ryan Giggs

Ryan Giggs merupakan pesepak bola asal Wales yang menjadi legenda setan merah karena menghabiskan seluruh masa kariernya di sana. Old Trafford menjadi saksi bisu bagi pemain bintang ini. Dia berhasil memenangkan 13 gelar Premier League dan 2 trofi Liga Champions.

Siapapun juga tahu bahwa pemain bertinggi 179 cm ini memiliki umpan yang akurat. Hal tersebut dibuktikannya dengan mencatatkan 31 assist di ajang Liga Champions.

  1. Angel Di Maria

Angel Di Maria

Angel Di Maria merupakan aktor penting bagi Real Madrid dalam menyabet gelar La Decima pada tahun 2014 sebelum ia pindah ke Manchester United. Pemain berkebangsaan Argentina itu membersamai Juventus pada posisi sayap kanan.

Dalam 100 penampilan di Liga Champions, Di Maria telah menorehkan 35 assist dan 22 gol.

  1. Lionel Messi

Lionel Messi Salto

Sebagai pemegang 7 trofi Ballon d’Or tentu pemain bola ini bersinar dalam Liga Champions. Messi telah memenangkan trofi Liga Champions sebanyak 4 kali bersama Blaugrana.

Pemain berjuluk La Pulga tersebut sudah mengumpulkan 125 gol. Selain itu, berkat umpannya yang brilian Messi berhasil menorehkan 36 assist untuk rekan setimnya dalam Liga Champions.

  1. Cristiano Ronaldo

Salah satu koleksi Sepatu Emas Eropa milik Cristiano Ronaldo (Foto: Real Madrid)

Cristiano Ronaldo merupakan bintang besar Portugal yang sudah mengoleksi 186 caps dengan 117 gol. Bahkan, dia tercatat menjadi pemegang rekor assist terbanyak dalam sejarah Liga Champions.

Pada 187 penampilan Liga Champions, Ronaldo berhasil memberikan 42 assist. Torehan golnya pun tidak kalah mengherankan yaitu 141 gol. Dibalik torehannya tersebut, Ronaldo telah mengangkat lima trofi Liga Champions. 

Demikian informasi mengenai raja assist terbaik sepanjang sejarah Liga Champions, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca semua.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1831 seconds [13]