logo
F1 | Detail

Carlos Sainz Jr Bela Strategi Ferrari di F1 GP Prancis 2022

Wikanto Arungbudoyo
Senin, 25 Juli 2022, 17:46 WIB
Carlos Sainz Jr Bela Strategi Ferrari di F1 GP Prancis 2022
Carlos Sainz Jr bersiap mengikuti balapan F1 GP Prancis 2022 di Sirkuit Paul Ricard (Foto: Scuderia Ferrari)

LE CASTELLET – Carlos Sainz Jr nyaris menjadi korban blunder strategi yang dieksekusi timnya pada F1 GP Prancis 2022, Minggu (24/7/2022) malam WIB. Namun, dia lantas membela strategi Scuderia Ferrari pada balapan di Sirkuit Paul Ricard, Le Castellet, Prancis itu.

Sekadar informasi, Sainz memulai seri ke-12 F1 2022 itu dari posisi 19. Dia mendapat hukuman mundur posisi start usai mengganti seluruh komponen mesin di mobil Ferrari F1-75 miliknya. Namun, pembalap asal Spanyol itu tampil heroik.

Satu per satu pembalap berhasil dilewati Sainz hingga merangsek ke 10 besar hanya dalam waktu 18 putaran saja. Akan tetapi, petaka bagi Ferrari muncul tepat di putaran tersebut. Charles Leclerc yang tengah memimpin balapan, menabrak dinding pembatas hingga gagal finis. 

Kru Scuderia Ferrari mengganti ban di mobil F1-75 milik Carlos Sainz Jr pada F1 GP Prancis 2022 (Foto: Reuters/Eric Gaillard)
Kru Scuderia Ferrari mengganti ban di mobil F1-75 milik Carlos Sainz Jr pada F1 GP Prancis 2022 (Foto: Reuters/Eric Gaillard)

Otomatis Sainz menjadi tumpuan harapan Ferrari di balapan tersebut. Dia menjawab tantangan itu dengan sempat merangsek ke posisi tiga pada putaran ke-48. Namun, Ferrari kemudian memanggil Sainz masuk pit dan mengganti ban untuk kedua kali. 

Panggilan tersebut justru menuai kritik. Sebab, Sainz Jr terlihat nyaman melaju dengan ban medium dan punya kecepatan yang bagus. The Prancing Horse juga dianggap mengabaikan situasi balapan karena perintah itu muncul saat sang pembalap tengah berusaha menyalip Sergio Perez. 

Akan tetapi, Sainz lantas membela strategi yang dipilih Ferrari. Pembalap berusia 27 tahun itu menilai kritik yang menghujani Ferrari karena pemilihan strategi yang buruk terlalu kejam.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1568 seconds [13]