logo
Balap Lainnya | Detail

Cara Mengurus STNK Hilang Bukan Atas Nama Sendiri, Begini Caranya!

Wikku D. Nugroho
Kamis, 01 Desember 2022, 22:53 WIB
Cara Mengurus STNK Hilang Bukan Atas Nama Sendiri, Begini Caranya!
Cara Mengurus STNK Hilang. (Foto: Pajak.com).

JAKARTA- Cara mengurus STNK hilang bukan atas nama sendiri kerap membikin mumet. Kehilangan barang penting seperti STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan merupakan hal yang tidak mengenakkan bagi sebagian orang.

Apalagi STNK yang hilang tersebut bukan atas nama sendiri. Menurut beberapa sumber terpercaya, seseorang yang kehilangan STNK bukan atas nama sendiri harus melalui proses yang panjang jika dibandingkan dengan kehilangan STNK atas nama sendiri.

Akan tetapi, semuanya akan mudah dilakukan apabila tahu cara penanganannya. 

Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap mengenai cara mengurus STNK hilang bukan atas nama sendiri;

SIM Online (Sumber: otoflik.com)

Cara Mengurus STNK Hilang Bukan Atas Nama Sendiri, Begini Caranya!

Pertama-tama, buatlah surat kehilangan di kantor Polsek terdekat. Tujuannya untuk membuat surat kehilangan, sehingga harus mempersiapkan BPKB asli dan fotokopi serta KTP yang namanya sesuai dengan BPKB tersebut. 

Jika kendaraan masih dalam proses kredit, maka perlu meminta surat keterangan dari pihak leasing. 

Setelah syarat-syarat administrasi telah terpenuhi, datanglah ke kantor Samsat terdekat. Di situlah kita dapat mengisi dua jenis formulir. Yang pertama adalah surat pernyataan bahwa STNK telah hilang dan formulir kedua adalah jika pemohon tidak membawa KTP sesuai dengan STNK atau BPKB. 

Serahkanlah bekas kepada petugas yang berjaga di loket. Lalu, petugas itu akan melakukan pengecekan berkas-berkas terdahulu sebelum melanjutkan proses ke cek fisik kendaraan. Tunggulah beberapa saat dan bawalah kendaraan Anda ke ruangan cek fisik. 

Setelah masuk ruangan cek fisik, petugas akan mengecek nomor rangka kendaraan. Kemudian mencocokannya dengan berkas-berkas atau dokumen yang telah dilampirkan dan dicek sebelumnya oleh petugas administrasi. 

Setelah cek fisik selesai, ada beberapa proses lagi yang harus dilalui. Selanjutnya, serahkan hasil cek fisik kendaraan Anda ke petugas pengecekan pemblokiran.

Petugas akan mengecek apakah kendaraaan tersebut sudah pernah diblokir sebelumnya atau memiliki tunggakan pajak yang belum terbayar. 

Apabila kendaraan memiliki tunggakan pajak, maka bayarlah tunggakan pajak tersebut terlebih dahulu. Barulah proses mengurus STNK baru akan dilanjutkan ke tahap selanjutnya. 

Lanjut ke proses pembayaran, lakukan pembayaran STNK baru ke loket pembayaran yang tersedia di kantor Samsat. Jika sudah selesai melakukan proses pembayaran, maka lanjutkan proses ke loket pengambilan STNK. 

Setelah itu, serahkan bukti pembayaran kepada petugas kasir agar Anda dapat mengambil STNK baru beserta SKPD atau Surat Keterangan Pajak Daerah.

Setiap kantor Samsat memiliki peraturan yang berbeda-beda. Ada yang langsung bisa diambil STNK barunya ataupun harus menunggu beberapa hari. 

Demikian ulasan mengenai cara mengurus STNK hilang bukan atas nama sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada.    

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1850 seconds [12]