logo
Basket | Detail

Cara Menghitung Poin Dalam Bola Basket, Teknik Lay-Up Terhitung Dua Poin

Tim Sportstars
Kamis, 08 September 2022, 17:45 WIB
Cara Menghitung Poin Dalam Bola Basket, Teknik Lay-Up Terhitung Dua Poin
Cara menghitung poin dalam bola basket saat meggunakan teknik layup terhitung 2 poin. (Foto: DBL)

JAKARTA - Cara menghitung poin dalam bola basket terhitung pada saat menggunakan teknik lay-up sebanyak 2 poin, satu poin dengan teknik lemparan bebas. Dalam pertandingan basket, cara memenangkan pertandingan adalah mencetak poin sebanyak mungkin ke dalam ring lawan. 

Untuk mencetak angka tersebut, perlu diperhatikan beberapa perhitungan poin agar pemain mengetahui berapa jumlah bola yang telah dimasukkan ke dalam ring lawan. Berbeda dengan olahraga pada umumnya seperti sepak bola, penghitungan poin dalam olahraga basket sedikit berbeda.  

Cara Menghitung Poin Dalam Bola Basket

Dalam permainan bola basket terdapat 4 Quarter, setiap quarter berlangsung selama 10 menit. Dalam waktu 10 menit, pemain harus saling bersaing memasukkan bola ke dalam ring lawan. Poin akan tercetak sesuai dengan kategori dan teknik apa yang dilakukan pada saat mencetak poin tersebut. 

Poin 1

Poin terendah dalam mencetak angka memasukkan bola ke dalam ring lawan. Dalam pertandingan basket, masing-masing tim terdiri dari 5 orang. 

  • Jika pemain tim B melakukan dorongan pada saat pemain tim A ingin mencetak poin, maka akan terjadi pelanggaran yang dinamakan Intentional Foul. Permainan akan dihentikan dan dilanjutkan dengan Free Throw oleh tim A. 
  • Free Throw adalah percobaan mencetak poin (lemparan bebas) dengan menembak dari belakang garis sebanyak 2 kali. 
  • Jika tim A berhasil mencetak poin dalam percobaan pertama, maka terhitung 1 poin. Jika pada percobaan kedua Tim A berhasil mencetak poin kembali maka akan bertambah 1 poin lagi. 

Damian Lillard diandalkan tim basket AS (Foto: Instagram/@damianlillard)

Poin 2

Dalam mencetak poin pada saat pertandingan perlu diperhatikan teknik yang dilakukan. Teknik lay-up, gerakan melangkahkan kaki dua kali lalu melompat dan memasukkan bola (shooting) ke ring akan tercetak sebanyak 2 poin. Untuk mendapatkan 2 poin juga dapat dilakukan pada saat bola dimasukkan ke dalam keranjang melalui tembakan dari dalam garis. 

Poin 3

Three-point merupakan hasil perolehan tertinggi pada saat pertandingan basket. Three-point diperoleh pada saat pemain berhasil mencetak bola di luar garis penalti. Terkesan sulit untuk dilakukan, namun dengan melakukan teknik lemparan jauh dan tercetak dengan sempurna, three-point akan berhasil membuat tim basket memperoleh poin dengan banyak. 

Itulah pembahasan mengenai cara menghitung poin dalam bola basket, semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia sportstars. ( Kessya Mega Putri
 

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1733 seconds [12]